Ada yang berubah dari tombol retweet (RT) di Twitter hari ini (21/10). Warga Twitter mulai pagi ini sudah tidak bisa lagi melakukan RT seperti biasa.

RT seperti biasa yang dimaksud adalah saat pengguna ingin mengutip kata-kata atau tweet yang dikirimkan orang lain, pengguna tinggal klik tombol RT berupa dua anak panah yang saling bersambung untuk menjadikan tweet tersebut terkutip.

Kini, pihak Twitter membatasi RT tersebut menjadi “Quote Retweet”, yang artinya bahwa jika Anda ingin RT tweet orang lain, maka harus menambahkan komentar Anda sendiri di atas tweet asli. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga : Cara Melihat Tweets Lama di Twitter

Dilansir dari The Verge, hal ini dilakukan oleh Twitter hanya untuk sementara saja, untuk mengkondisikan media sosial tersebut menjelang pemilu di Amerika Serikat. Pemilu tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 November mendatang.

PihakTwitter juga berharap agar para pengguna dapat mempertimbangkan dengan lebih bijak mengenai apa yang akan mereka tweet ulang atau justru mereka ingin menambah pandangan mereka sendiri terhadap suatu isu.

Dikabarkan melalui Kompas Tekno, bahwa Twitter nampaknya juga akan menyembunyikan keterangan “liked by” (disukai oleh) dan “followed by” (diikuti oleh) dari orang yang tidak diikuti pengguna. Trending juga akan ditampilkan sebagai konteks tambahan.

Sebenarnya, warga Twitter masih bisa melakukan RT seperti biasa dengan mengosongkan kolom komentar di Quote Retweet. Hal ini pun disampaikan langsung oleh CEO Twitter, Jack Dorsey, lewat akun pribadinya. Ia menanggapi salah satu keluhan pengguna yang tidak bisa melakukan RT seperti biasa.

Meskipun bersifat sementara, tetapi Twitter belum memberikan tanggal pasti kapan pembatasan RT ini akan berakhir.

Baca Juga : Kominfo Godok Permen Soal Aturan Blokir Medsos

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *