Pernahkah kamu menghitung berapa kali kamu bersentuhan dengan orang lain atau fasilitas umum ketika berada di bandara?

Kabin pesawat ‘tanpa sentuhan’ mungkin bisa menjadi solusi perjalananmu di masa depan nanti.

Ada banyak objek yang diubah dalam kebiasaan ini, mulai dari penumpang masuk ke bandara, sampai masuk ke kabin pesawat. Mulai dari mesin cuci tangan yang bisa beroperasi tanpa sentuhan di toilet bandara, gerbang pindai otomatis sampai hiburan di dalam pesawat.

Baca juga: Samsung Patenkan Desain Layar Fleksibel dan Speaker Pop-up

Daniel Baron, perwakilan dari LIFT Aero Design, sebuah studio berbasis di Tokyo dan Singapura yang merancang kabin pesawat menyebutkan bahwa perjalanan tanpa sentuhan ini bisa membuat para penumpang lebih tenang karena penumpang tidak perlu menyentuh benda-benda fisik di lingkungan sekitar (bandara dan kabin pesawat).

Di kabin pesawat, area yang disebut akan mendapat banyak peningkatan adalah toilet.

“Sudah menjadi rahasia umum dalam industri interior kabin pesawat, pengguna ragu menggunakan toilet pesawat karena persepsi negatif, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19,” kata Baron.

“Kami melihat peningkatan bertahap selama 10 tahun terakhir, misalnya pada keran yang bisa menyala otomatis, tutup toilet dan tombol siram. Dispenser sabun, pengering tangan, sampai pintu dan kunci, semuanya masih bisa ditingkatkan.”

Baron menyebutkan beberapa alat akan dibuat otomatis dengan sensor inframerah, beberapa lainnya akan didesain ulang, misal pada pintu toilet dan tempat sampah yang bisa dibuka dengan kaki.

Foto: Shutterstock

“Setiap perubahan pada arsitektur pesawat membutuhkan konsultasi, pengujian, dan validasi untuk mencapai sertifikasi,” jelas Matt Round, kepala bagian kreatif Tangerine, sebuah konsultan desain berbasis di London.

Beberapa perubahan ini dilaporkan sudah mulai dikerjakan agar kabin pesawat tanpa sentuhan bisa segera beroperasi dan mengangkut penumpang.

Baca juga: Belum Usai Euforia iPhone 12, Rumor iPhone 13 Sudah Beredar

Bandara bisa lebih cepat dalam menerapkan sistem perjalanan tanpa sentuhan ini. Sekarang, sudah mulai bermunculan keamanan bandara yang bisa beroperasi tanpa sentuhan.

a screen shot of a computer: People are happy to hold boarding passes on their phones -- what about passport and other biometric details?

Foto: Shutterstock

Salah satu elemennya adalah fitur check-in online dan menggunakan boarding pass digital lewat ponsel yang sudah ada sejak lama, meskipun fitur perlu diatur lagi di sana-sini karena kebutuhan dokumen penerbangan yang jadi lebih rumit karena Covid-19.

Beberapa fitur lain yang bisa diantisipasi adalah layanan informasi pengiriman bagasi yang tertunda yang akan dikirimkan melalui pesan teks untuk seluruh penumpang. Penumpang bisa menginformasikan pengiriman bagasinya kepada maskapai secara langsung tanpa harus antri.

Baca juga: OPPO TV R1 Rilis di China, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Maskapai penerbangan juga perlu mengakomodasi layanan tanpa sentuhan jika ada penerbangan yang ditunda atau bahkan dibatalkan.

Pemindaian imigrasi secara otomatis tanpa harus menyerahkan dokumen juga menjadi salah satu teknologi yang wajib ditunggu-tunggu.

Nantinya, sistem ini akan bisa membuka gerbang secara otomatis dengan verifikasi lewat pemindai wajah/biometrik, atau staf bandara.

Jika nantinya sistem ini sudah siap, apakah kalian sudah siap liburan dengan penerbangan tanpa sentuhan?

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *