Untuk mendukung para pelaku usaha di masa pandemi ini, WhatsApp meluncurkan fitur belanja di sejumlah negara termasuk Indonesia. Fitur ini berbeda dengan fitur katalog yang telah lebih dulu hadir pada 2019 silam. Dalam fitur belanja, pembeli dapat berinteraksi secara langsung dengan dagangan yang hendak mereka beli, layaknya di e-commerce.

Menurut WhatsApp, fitur katalog sebelumnya kurang interaktif dan tidak bisa menciptakan suasana jual beli secara langsung. Sehingga, dengan adanya update ini, diharapkan dapat lebih mempermudah proses jual beli antar pedagang dan konsumen. Fitur ini telah resmi hadir di pembaruan WhatsApp. Anda dapat melakukan update aplikasi tersebut baik di iOS maupun PlayStore.

Baca Juga : 7 Aplikasi untuk Melihat Chat WhatsApp yang Dihapus

“Kami mendengarkan masukan yang kami terima mengenai hal apa saja yang dapat membantu bisnis dan kami yakin bahwa WhatsApp dapat membuat perpesanan menjadi cara terbaik untuk menghubungkan pelanggan dan bisnis,” kutip WhatsApp dalam keterangan resmi yang dilansir dari CNN Indonesia.

Fitur belanja ini membuat pilihan belanja menjadi lebih luas, seperti mengetahui ketersediaan atau stok barang yang ingin dibeli, menambahkannya ke keranjang belanja dan membayar langsung berdasarkan harga yang tertera. Konsumen juga dapat bertanya kepada penjual seperti biasa lewat chat WhatsApp sebelum membeli. Dapat dikatakan bahwa fitur ini mungkin akan membuat WhatsApp menjadi mirip mini e-commerce.

WhatsApp juga mengatakan bahwa akan menyediakan opsi baru kepada bisnis untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting yang rencananya akan ditawarkan oleh Facebook.

Keberadaan opsi ini disebut akan mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons dengan cepat pesan yang mereka terima, di mana pun karyawan mereka berada.

Kendati demikian, pihak WhatsApp masih belum mengonfirmasi tentang metode pembayaran apa saja yang bakal tersedia. Untuk saat ini, konsumen hanya memiliki dua pilihan metode pembayaran melalui kartu debit dan bayar ditempat saja. WhatsApp juga nampaknya belum menyertakan opsi jasa pengiriman, sehingga semuanya masih harus diurus secara manual oleh penjual.

Baca Juga : 10 Tips & Trik Rahasia WhatsApp, Belum Banyak yang Tahu!

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *