Sistem operasi berbasis Linux besutan Google, Chrome OS, disebut-sebut akan menghadirkan mode gelap (dark mode). Namun, pembaruan tersebut baru bisa diakses di laman Canary, seperti yang dilaporkan Android Channel.

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Pakai Google Translate

Dilansir dari PCMag, versi Canary dari Chrome OS memuat versi eksperimen dari dark mode Chrome OS. Kehadiran dark mode pada Canary diduga menjadi tanda bahwa mode ini bisa jadi akan diluncurkan suatu hari nanti.

Dilansir dari The Verge, Canary itu sendiri merupakan versi “bleeding edge” dari Chrome OS, yang tiap harinya menerima pembaruan fitur-fitur sebelum diujicobakan secara luas. Canary hanya bisa diakses dari Chromebooks yang diubah menjadi mode developer khusus. Namun, Google memperingatkan jika Canary bisa menjadi “tidak stabil” sewaktu-waktu.

Untuk mengaktifkan dark mode pada Chromebook, mula-mula pengguna harus meng-install Canary channel terlebih dahulu. Selanjutnya, dikutip dari Android Channel, buka Chrome dan ketikkan chrome://flags/#enable-force-dark and chrome://flags/#enable-webui-dark-mode pada bar URL. Nantinya, Chrome OS akan memiliki tampilan seperti ini, berdasarkan tangkapan layar dari Android Police:

Foto: Android Police

Android Central menambahkan, dark mode ini masih memiliki bug di sana-sini karena masih belum stabil. Kendati demikian, jika bekerja dengan baik, mode gelap tersebut akan terlihat di seluruh Chromebook UI, tidak hanya di laman tertentu saja.

Dark mode menjadi fitur yang ditunggu-tunggu pengguna karena tampilan gelap dianggap dapat mengurangi ketegangan pada mata jika dibandingkan dengan mode terang biasa. Sebelumnya, Google telah mengusung dark mode pada produk-produknya, seperti Gmail, Google Calendar, Google Fit, dan aplikasi mobile selama beberapa bulan terakhir. Baik iOS maupun Android pun menghadirkan dukungan dark mode pada sistemnya mulai tahun lalu.

Baca Juga: Acer Kolaborasi dengan Porsche Design Hadirkan Laptop Elegan

Hingga kini, belum ada kabar resmi dari Google mengenai rencana maupun tanggal peluncuran dark mode pada Chrome OS. Saat ini, pengguna hanya baru dapat mencoba tampilan tersebut pada laman Canary.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *