Para illustrator yang memiliki perangkat iPad kini bisa bersuka cita menyambut aplikasi Adobe Illustrator yang akhirnya hadir pada perangkat buatan Apple tersebut, setelah bertahun-tahun menunggu.

Alat menggambar bagi para profesional ini secara resmi hadir di App Store iPadOS sejak Selasa, 23 Oktober 2020 lalu dan bisa diunduh secara gratis.

Namun, seperti aplikasinya yang lain, pengguna iPad tetap harus berlangganan Creative Cloud untuk mendapatkan seluruh fitur Adobe Illustrator. Adobe juga tidak menyediakan skema sekali beli untuk Adobe Illustrator di iPad.

Baca juga: Pantes Aja Miskin! 30% Gaji Gue Abis Buat Ini Nih! Kalo Lo?

Sedikit berbeda dengan aplikasi versi Mac. AI versi iPad ini fokus pada penggunaan layar sentuh dan stylus milik Apple, Apple Pencil yang bisa digunakan bersamaan dengan iPad.

Adapun untuk fitur-fiturnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi versi mobile. Pengguna iPad bisa menggunakan fitur pen, pensil, brush, layers, properties, dan opsi grid di AI.

Beberapa fitur spesifik masih belum tersedia di AI versi iPad, namun fitur-fitur disebut bukanlah fitur utama sehingga tidak mengganggu fungsionalitas utama aplikasi ini.

Alat-alat utama untuk AI iPad dirancang agar penggunanya tetap merasa nyaman, misalnya, Adobe meletakkan toolbar untuk men-seleksi gambar sehingga pengguna bisa mengunci layer atau membuat perubahan tanpa harus membuka menu.

Baca juga: Waspada! Begini Cara Mencegah Pencurian Data WhatsApp

Meskipun terdapat perbedaan, Adobe berjanji penggunanya tetap bisa mengedit file dengan lancar meskipun berganti perangkat antara desktop dan tablet.

Adobe Illustrator menjadi aplikasi Adobe ketiga yang hadir ke iPad setelah Lightroom pada tahun 2014 lalu dan Photoshop pada tahun 2019.

Adobe berjanji akan terus meningkatkan aplikasi ini di iPad dengan menambahkan fitur-fitur baru untuk menghindari kritik habis-habisan saat merilis Photoshop pertama kali di iPad.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *