Teknologi internet telah berhasil merevolusi dunia bisnis dalam banyak hal. Pemasaran konvensional juga perlahan-lahan tergeser dengan munculnya alternatif online.

Perusahaan di seluruh dunia pun fokus memproyeksikan citra positif di internet, dan untuk tujuan itu, situs web dibuat. Hal ini bisa juga dianggap sebagai ringkasan lengkap bisnis perusahaan, mulai dari visinya hingga layanan.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar situs web perusahaan bisa disebut sebagai web yang baik?

1. Desain yang menarik secara visual dan optimal

Ilustrasi. Foto: Abir Mahmood

Daya tarik visual adalah salah satu faktor penting dalam desain. Buat partisi terorganisir dan simetris serta gunakan foto berkualitas tinggi dan grafik yang menarik. Desain yang optimal adalah desain yang menggabungkan teknik SEO untuk meningkatkan fungsionalitas. Salah satu aspek penting dari optimasi adalah waktu loading yang cepat sehingga bounce rate bisa diminimalkan. Artinya, pengunjung yang akan datang ke situs tersebut akan bertahan lebih lama. Berbagai teknik khusus digunakan untuk mempercepat situs web, termasuk pengoptimalan konten dan penghapusan tautan rusak.

Baca juga: Apa Itu ‘Gaming Burnout’? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Ramah pengguna

Ilustrasi. Foto: Infojini

Fokus utama dalam pembuatan situs adalah membuatnya lebih ramah kepada audiens, alias mudah digunakan. Untuk tujuan ini, situs dibuat seminimalis mungkin agar pengunjung nyaman sepenuhnya. User Experience (UX) adalah teknologi yang digunakan untuk membuat desain lebih menarik bagi pengunjung website. Teknologi ini membantu menyamakan pandangan dengan pengguna sehingga bisa melakukan navigasi dengan nyaman dan untuk mengakses informasi dengan mudah.

3. Responsif

Ilustrasi. Foto: Blue Corona

Situs yang responsif artinya memiliki fungsionalitas lengkap di semua perangkat, termasuk ponsel, tablet, dan lain-lain. Tidak peduli seberapa bagus atribut situs yang lainnya, hal itu tidak akan bermanfaat apabila situsmu tidak responsif. Popularitas perangkat seluler seperti smartphone dan tablet memaksa pengembang untuk membuat desain mereka responsif, pastikan semua fitur berfungsi penuh pada berbagai perangkat untuk mencapai kepuasan pengguna tertinggi.

Baca juga: 5 Situs untuk Memperbesar Ukuran Foto Tanpa Pecah

4. Konten berkualitas dan ramah SEO

Ilustrasi. Foto: hacktheentrepreneur

Konten adalah ‘raja’ dalam dunia pemasaran digital dan dianggap sebagai wajah situs mana pun. Konten harus dibuat berdasarkan pedoman SEO seperti keringkasan, relevansi, dan alokasi kata kunci. Hindari penggunaan jargon, slang, dan kata-kata rumit pada konten. Logikanya sederhana, ‘konten yang lebih mudah dibaca memiliki peluang jumlah pengunjung yang lebih besar’. Konten berorientasi SEO dapat menarik perhatian audiens dan merupakan sumber yang sangat baik untuk memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa untuk rutin memperbarui konten agar visibilitasnya tetap utuh.

5. Keamanan

Ilustrasi. Foto: SSLShopper

Keamanan adalah salah satu poin paling penting dalam pembuatan situs web. Enkripsi SSL sangat penting untuk melindungi dari ancaman dunia maya seperti peretas dan virus. Untuk fungsi pendaftaran pengguna, kata sandi harus dienkripsi untuk memastikan privasi.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *