Foto: Gizmologi.ID

Teknologi.id  – Setahun terakhir ini, konten berupa video berdurasi singkat seperti yang terdapat pada platform TikTok semakin naik daun dan banyak menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Tak Bergantung Impor, Pemerintah Kebut Vaksin Merah Putih

Hal ini dibuktikan oleh studi dari YouGov, bahwa sebanyak 54% masyarakat memilih untuk berkreasi melalui konten video. Selain itu, 40% di antaranya membutuhkan media musik untuk mendukung mereka untuk mendukung ide kreatif tersebut. 

Maka, tak heran jika TikTok menjadi platform yang semakin digandrungi di kalangan anak muda, meski terkadang tak luput dari kontroversi. Hal ini membuat Telkomsel tertarik untuk menjalin kerja sama.

Tanggal 27 Oktober kemarin, Telkomsel dan TikTok resmi mengumumkan kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman mengeksplorasi dan menginspirasi melalui akses internet yang cepat. Lewat kolaborasi tersebut, mereka juga ingin menciptakan lingkungan yang nyaman dan positif bagi generasi muda, khususnya bagi pengguna TikTok dan 160 juta pengguna Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kerja sama dengan Telkomsel ini disambut positif oleh Vanessa Brown, Director of Business Development, TikTok SEA. Ia berpendapat, kolaborasi ini dapat menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas dan memanfaatkan internet dengan lebih positif.

“Saat ini, banyak dari kita yang beralih ke teknologi untuk membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari. Dan kami bersyukur di tengah kondisi yang menantang ini, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan TikTok sebagai rumah mereka untuk berkreasi, tempat untuk menjalin kebersamaan dan di mana mereka bisa menjadi diri sendiri,” ujar Vanessa Brown, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual (27/10), dilansir dari Gizmologi

Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel juga menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan literasi digital menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani gaya hidup digital. Atas dasar inilah pihaknya menjadi antusias dalam bekerja sama dengan TikTok.

“Kolaborasi ini juga melanjutkan upaya sebelumnya dari Telkomsel melalui inisiatif Internet BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses dunia maya,” ujar Adhi.

Menurutnya pula, kerja sama yang terjalin ini berperan sebagai pondasi dalam upaya mengembangkan ekosistem digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Kemitraan TikTok dengan Telkomsel ini diwujudkan melalui beberapa hal. Pertama, kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti. Hal ini diharapkan membuat pengguna lebih mudah berkreasi melalui konten berformat video singkat di TikTok dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.

Kedua, menggelar webinar bertema literasi digital yang akan diselenggarakan pada 5 November 2020 dengan melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi, Onno W. Purbo. Materi dalam webinar ini turut mencakup cara meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak.

Telkomsel juga mewujudkan perhatian terhadap literasi keamanan siber melaui program Internet BAIK, yang berfokus melindungi pengguna internet dari dampak negatif dunia maya, khususnya pada kelompok anak-anak dan remaja sebagai digital native. Hingga kini, Internet BAIK telah melakukan edukasi ke berbagai pihak. 

Baca Juga: Game Magic: The Gathering Versi Mobile Ditunda hingga 2021

Tak ketinggalan, TikTok juga turut andil dalam upaya perlindungan keamanan digital penggunanya. Banyak fitur keamanan yang disematkan TikTok, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung. TikTok juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, di antaranya tentang perundungan siber dan aman berinternet.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *