SIMULASI UJICOBA VAKSINASI COVID-19 DI KOTA BOGOR

Meski pelaksanaannya masih harus menunggu hasil uji klinis, pemerintah terus menjalankan persiapan vaksinasi Covid-19. Di antara persiapan yang dikebut logistik hingga sumberdaya manusia (SDM) vaksinasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, vaksin Covid-19 harus disimpan pada suhu antara 2-8 derajat Celsius. Karena itu, pemerintah harus menyiapkan fasilitas logistik untuk distribusinya.

Bagaimanapun, ketentuan suhu penyimpanan tersebut sebenarnya hampir sama untuk hampir semua jenis vaksin, kecuali polio yang dapat bertahan hingga pada suhu 20 derajat Celsius. Artinya, prosedur tersebut bukan hal baru.

Mengutip data Kementerian Kesehatan, Wiku menyebut persiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain sudah berjalan dengan baik. Cold chain sendiri bertujuan untuk menjaga kualitas maupun efektivitasnya.

“Saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia mencapai 97%, ” ungkap Wiku saat menjawab pertanyaan media dalam perkembangan penanganan Covid-19 sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/10/2020).

Sedangkan, dari sisi sumber daya manusia, pemerintah juga menyiapkan dokter umum, …

Selengkapnya : Pemerintah Siapkan 739.722 Tenaga Medis untuk Vaksinasi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *