Mengoperasikan private cloud dengan lokasi dan bentuk fisik umumnya lebih mahal di daripada menggunakan public cloud untuk komputasi sebagai utilitas. Hal ini disebabkan oleh biaya pemeliharaan back-end yang timbul karena memiliki infrastruktur swasta dan biaya modal untuk melaksanakannya. Namun, private cloud terkelola dapat mengurangi biaya tersebut bahkan dalam beberapa kasus menjadi lebih murah daripada implementasi public cloud standar.

Vendor menawarkan beberapa model dan paket berbeda untuk menentukan harga private cloud terkelola. Model penetapan harga dan harganya sendiri dapat bervariasi tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang ditawarkan dan tingkat manajemen yang disediakan oleh vendor. Seringkali harga didasarkan pada paket perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang dapat digunakan dalam penerapan cloud pribadi.

Penyedia jasa layanan web hosting, IDCloudHost Indonesia juga datang dengan menawarkan model pay-as-you-go (PAYGO) untuk jenis layanan private cloud yakni menagih pengguna akhir berdasarkan layanan-ke-layanan.

Popularitas model penetapan harga ini meningkat karena pertumbuhan pesat di pasar infrastruktur berbasis cloud, mendorong kebutuhan akan model penetapan harga yang lebih fleksibel dan efisien. Ini membuatnya banyak dilirik oleh perusahaan yang sedang mulai berkembang atau startup mengingat dengan begini mereka dapat menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan mereka.

Baca juga: Ekabima, Program Website Sekolah GRATIS di Indonesia

Kepopuleran Server Berkonsep Pas As You Grow diantara Startup

Setiap hari, startup menjadi lebih populer dan tumbuh dimana- mana. Berbeda dengan bisnis biasa, startup memiliki basis yang inovatif, artinya tidak ada bisnis seperti itu sebelumnya. Biasanya, ini adalah tim usaha yang muda dengan membawa dan memiliki ide serta rencana bisnis bagus untuk implementasinya. Tetapi di satu sisi, perusahaan startup biasanya masih kekurangan uang, sumber daya dan terkadang juga pengalaman.

Semua proses proyek, seperti logistik, pemasaran, infrastruktur, dan lainnya harus dibangun dari awal. Proses seperti itu membutuhkan investasi tidak sedikit seperti yang tidak dimiliki perusahaan muda seperti startup. Jadi, sebagian besar startup perlu memangkas semua pengeluaran hingga sampai mereka memiliki investor utama. Masalah besar lainnya dari startup adalah lokasi anggota tim. 

Anda dapat membangun startup dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, jadi Anda memerlukan beberapa sistem untuk mengkoordinasikan pekerjaan setiap anggota. Kedua masalah ini dapat diatasi dengan infrastruktur private cloud dengan konsep pembayaran yang hanya disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan budget Anda seperti layanan private cloud yang ditawarkan IDCloudHost Indonesia.  

Baca juga: Memilih Nama Domain yang Baik untuk Sekolah

Private Cloud Pertama #1 Dengan Konsep Scale up As You Grow

IDCloudhost merupakan provider Cloud Hosting dan Cloud Infrastructure pertama #1 di Indonesia yang mempunyai layanan Full Cloud dan dengan konsep Scale up as You Grow. Ini bermakna bisnis, perusahaan maupun organisasi Anda akan terus berkembang namun juga diikuti oleh cloud pilihan Anda juga dalam membantu memenuhi kebutuhan untuk pengembangan tersebut.

Konsep ini dinilai akan lebih fleksibel dan lebih mudah dalam melakukan perkiraan penggunaan layanan server untuk kebutuhan server aplikasi dan server website Anda.

Layanan Private Cloud Indonesia dari IDcloudhost dirancang untuk kebutuhan Server Private yang menjamin keamanan data, informasi maupun apa saja yang berhubungan dengan bisnis, perusahaan serta organisasi Anda.

Server yang datang dengan konsep Full Cloud ini artinya sepenuhnya beralih menggunakan teknologi Cloud yang merupakan teknologi terbaru saat ini.

Baca juga: Tips Memaksimalkan E-Learning dengan Menggunakan CMS Moodle

Tidak hanya itu, sistem pembayaran dari layanan Private Cloud Indonesia dari IDcloudhost ini sendiri juga akan lebih fleksibel dimana Anda bisa menggunakannya untuk melakukan downgrade dan upgrade lebih fleksibel dengan mudah serta lebih cepat.

Anda selaku pengguna hanya perlu membayar layanan yang Anda pilih saja dan dengan begitu Anda tidak perlu khawatir terjadi kelebihan pada pembayaran Anda karena dilakukan secara transparan dan sesuai pilihan Anda. Dari sini Anda juga bisa mengukur dan melihat perkembangan bisnis Anda dari awal karena cloud yang Anda gunakan dapat menjadi tolok ukur atau indikasi pengembangan bisnis yang telah Anda dapatkan selama penggunaan cloud tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *