Kebutuhan media dan hiburan yang semakin canggih dan berkembang di smartphone, seperti fotografi, perekaman video, aplikasi, hingga game-game terbaru, membuat memori penyimpanan di HP jadi semakin cepat penuh.

Solusi umumnya adalah dengan membeli tambahan memori penyimpanan eksternal, seperti kartu SD.

Namun, bagaimana jika ternyata sudah membeli tambahan memori tetapi masih belum mampu mencukupi kapasitas penyimpanan file-file tersebut?

Apabila dipaksakan tentunya HP akan menjadi super lemot dan menurun performanya. Bila pun ingin membeli memori baru dengan kapasitas lebih besar, tentunya juga akan kembali menguras dompet.

Nah, sebelum kalian putuskan untuk membeli memori kartu SD baru, simak dulu beberapa tips dan trik menambah memori di HP dengan mudah dan gratis berikut ini.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca, Ampuh!

1. Manfaatkan Fitur Adoptable Storage

Samsung may finally bring adoptable storage support with Android Pie -  SamMobile

Ada fitur yang sangat bermanfaat pada Android Marshmallow yaitu Adoptable Storage. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat memori eksternal menjadi memori internal.

Ya, Adoptable Storage mampu mengubah memori eksternal menjadi perluasan dari memori internal. Google merilis fitur seperti ini diduga untuk mengantisipasi gawai-gawai dari proyek Android One yang rata-rata memiliki memori internal yang kecil.

Hal yang menarik dari fitur ini adalah kita bisa mengubah memori eksternal menjadi memori internal tanpa perlu melakukan root. Caranya, kita hanya perlu memanfaatkan memori eksternal yang ada untuk menambah memori internal di HP.

2. Manfaatkan Aplikasi Google Photos

Feature request: Google Photos needs to let you select & save multiple  images to your phone [Gallery] - 9to5Google
Foto: 9to5Google

Suka berfoto atau ber-selfie ria bersama teman-teman? Kamu pasti sering menyimpan puluhan bahkan hingga ratusan foto kamu di HP, bukan? Jika iya, pasti kamu juga pernah mengalami memori internal di HP sudah habis karena banyaknya foto di dalamnya.

Nah, untuk mengatasi memori internal di HP yang habis karena terlalu banyak menyimpan foto, kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan aplikasi Google Photos untuk menyimpan foto di akun Gmail yang kamu miliki. Tujuannya, tentu untuk membagi tempat penyimpanan foto agar memori internal kamu tidak cepat habis.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Google Photos adalah kemampuan upload foto dalam format yang standar tanpa batas. Dengan adanya aplikasi ini, kamu pun tidak perlu takut kehabisan memori untuk menyimpan foto-foto kamu.

Dan yang lebih menarik lagi adalah setiap foto yang kita miliki bisa dimuat dengan cepat dan ringan tanpa perlu khawatir kehabisan kuota data. Dengan menyimpan sebagian foto-foto kamu di aplikasi Google Photos ini, memori internal kamu pun tidak akan cepat habis.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Memori Android yang Kepenuhan

3. Manfaatkan Aplikasi Google Drive

Google Drive users on a discontinued plan are getting an unexpected freebie  - PhoneArena
Foto: Phone Arena

Selain Google Photos, ada juga Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB. Google Drive bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto, video, hingga dokumen-dokumen lainnya yang cukup penting.

Dengan menggunakan Google Drive, kamu pun bisa meng-share file atau dokumen kamu kepada pengguna Gmail lainnya. Dan dengan ruang penyimpanan yang cukup besar itu, kamu bisa menyimpan berbagai foto, video, lagu, hingga dokumen dengan leluasa. Selain itu, kamu juga bisa mengakses file tersebut dengan mudah.

4. Manfaatkan Aplikasi Cloud Storage Lainnya

The best free and open-source alternatives to Google Drive on Android
Foto: Android Police

Selain Google Drive, kamu juga bisa memanfaatkan cloud storage lainnya untuk menyimpan data-data atau dokumen di HP kamu, sehingga memori internal kamu bisa lebih luas.

Cloud storage terbukti sangat mumpuni untuk mengurangi beban di HP. Selain itu, file-file kamu pun bisa diakses kapan saja, bahkan lewat komputer!

5. Manfaatkan Flashdisk atau Harddisk Eksternal

PEARL 2er-Set OTG-USB-Adapter, Alu-Gehäuse, USB-Buchse auf Micro-USB-Stecker
Foto: Pearl

Jika kamu termasuk orang yang malas menggunakan kuota internet untuk mem-backup file-file kamu di HP ke dalam cloud storage, maka ada cara lain yang bisa digunakan. Caranya adalah kamu bisa menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal untuk menyimpan beragam file atau dokumen.

Baca juga: 2 Cara Perbaiki Flashdisk Folder Empty tapi Memori Penuh

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *