Beragamnya jenis media sosial dengan jumlah pengguna yang semakin membludak tentunya menjadi sasaran empuk bagi para peretas alias hacker untuk melancarkan niat jahatnya.

Motifnya pun beragam, bisa untuk melakukan penipuan online, pencemaran nama baik, hingga pencurian akun dengan jutaan pengikut untuk dijual.

Salah satu media sosial yang sering di-hack adalah Instagram. Tidak mengherankan memang, mengingat jumlah penggunanya yang mencapai 1 miliar akun aktif, tentunya menjadi lahan basah bagi para hacker untuk beraksi.

Nah, bagi kalian yang mempunyai akun Instagram dan pernah di-hack, atau pun ingin tahu apa sih yang harus dilakukan jika akun Instagram kita di-hack, berikut ini Teknologi.id beberkan sejumlah tips jika akun Instagram di-hack.

Baca juga: Cara Intip Siapa yang Stalking Profil Instagram Kita

Tanda-tanda Akun Instagram Di-hack

Here's why hackers want your Instagram account - ABC7 San Francisco
Foto: ABC7

Sebelum merebut kembali akun Instagram milikmu, tentu kamu harus tahu pasti bahwa akun itu memang benar di-hack atau direbut oleh orang asing. Biasanya peristiwa peretasan seperti ini meninggalkan jejak yang bisa kamu temukan.

Jejak tersebut bisa berupa notifikasi yang dikirimkan langsung dari Instagram. Biasanya, ini terjadi jika akunmu diakses dari daerah atau negara lain di luar wilayahmu. Jika itu terjadi, notifikasi akan langsung dikirimkan bersama link untuk mengubah password.

Ketika ada orang yang masuk dan mencoba mengubah email atau password akun Instagram pun ada notifikasi yang dikirimkan ke email terdaftar. Pastikan kamu tidak luput melihat email semacam ini.

Lalu ada juga jejak yang mesti kamu cari sendiri. Biasanya, ini terjadi jika akun Instagram diakses menggunakan email dan password yang kamu daftarkan. Hacker akan masuk dan bisa memakai akun Instagram kamu secara diam-diam. Untuk menemukannya, cek aktivitas yang dilakukan melalui akun milikmu tapi tanpa sepengetahuanmu.

Terakhir, kamu juga bisa memakai opsi Account Data di Instagram untuk mengetahui aktivitas login, perubahan pengaturan privasi, atau perubahan alamat email.View Account Data bisa kamu temukan jika membuka Istagram melalui browser desktop. Masuk ke kolom Profile, klik ikon Setting, lanjutkan ke Privacy and Security, dan pilih View Account Data.

Baca juga: Cara Melihat Nama Instagram yang Sudah Diganti

Akun Instagram Di-hack? Lakukan 3 Hal Ini

Setelah memastikan bahwa akun Instagram milikmu benar-benar di-hack. Cobalah langkah-langkah berikut ini untuk mengusahakan pemulihan akun milikmu.

1. Usahakan langsung mengganti password

How To Reset Instagram Password If you Forgot it From Your Computer ? -  YouTube

Jika hack yang terjadi baru sampai mengganti password saja, maka kamu bisa coba langsung me-reset dari menu login. Cukup pilih “Forgot Password” kemudian masukkan alamat email-mu yang terhubung dengan akun tersebut, dan kamu akan mendapatkan surat elektronik berisi tautan untuk mengatur ulang password.

Klik tautan yang dikirimkan ke email-mu dan segera ganti password. Pastikan password barumu memiliki kombinasi kuat dan tidak pernah digunakan sebelumnya.

2. Revoke semua akses ke aplikasi mencurigakan

Selain akibat serangan langsung, adakalanya akun Instagram atau media sosial lain di-hack secara tidak langsung lewat aplikasi yang terhubung dengannya. Untuk mengantisipasi kemungkinan ini, kamu bisa login ke dalam akun Instagram milikmu dan langsung menuju halaman “Profile”.

Sentuh menu ikon “roda gigi” dan cari menu “Authorized Apps”. Dari sana, kamu bisa melihat berbagai aplikasi yang terhubung dengan akun Instagram milikmu, dan jika ada yang mencurigakan, langsung saja hapus aksesnya. Atau supaya lebih aman dan sederhana, langsung saja hapus (revoke) akses semua aplikasi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Instagram

3. Pulihkan akun

Jika akun Instagram milikmu di-hack dan hacker itu sudah berhasil mengubah identitasmu (termasuk alamat email dan nomor telepon), maka proses mendapatkan kembali akun tersebut jadi sangat sulit. Kamu juga perlu sangat bersabar dalam setiap prosesnya, karena bisa jadi akan memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Pastinya, segera setelah kamu mendapatkan notifikasi dari Instagram (yang mengindikasikan perubahan identitas akunmu), langsung gerak cepat. Dalam email tersebut ada pilihan “Revert this Change” atau “Reset your password” jika perubahan terjadi tanpa sepengetahuanmu. Klik saja pilihan itu dan masukkan berkas yang diperlukan ke Instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Nanti tim keamanan Instagram akan membalas email-mu memakai penjawab otomatis, dan meminta verifikasi identitasmu. Kamu perlu memotret diri sendiri sambil memegang kertas yang bertuliskan kode rahasia dari Instagram. Kemudian kamu juga perlu melaporkan secara spesifik, gadget apa yang kamu pakai untuk login di akunmu.

Setelah melakukan ini, selanjutnya kamu cuma bisa pasrah. Kamu perlu menunggu tim keamanan Instagram bekerja dan mencari akunmu. Jika berhasil kamu akan mendapatkan notifikasi email yang mengabarkan pengembalian akun tersebut.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *