Kebutuhan perangkat yang semakin praktis dan simple kini lebih digandrungi oleh sebagian masyarakat, khususnya anak muda. Mobilitas yang semakin tinggi, memaksa sebagian orang untuk memilih perangkat yang tidak ribet. Salah satunya adalah earphone bluetooth. Selain memberikan kemudahan dalam penggunaannya, earphone ini juga dianggap lebih rapi karena pengguna tidak perlu repot-repot menggulung kabel. 

Earphone dianggap menjadi teman setia dikala stress menghadapi kerjaan, sedih karena putus cinta, dan bahagia habis makan enak karena dapat memutarkan lagu favorit kita di mana saja dan kapan saja. Memilih earphone bluetooth sangat perlu diperhatikan sebelum membeli, agar nyaman digunakan dan tidak salah pilih. Berikut adalah 5 tips yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih earphone bluetooth sebelum membelinya :

Baca Juga : Tips dan Trik Menambah Memori di HP Tanpa Harus Beli Baru

1. Pilih Bentuk Earphone yang Nyaman

Foto : Headphonesty

Sebelum jauh lebih spesifik, memilih bentuk earphone yang akan dibeli harus menjadi pertimbangan awal. Bentuk earphone ini nantinya akan memberikan kamu kenyamanan saat digunakan. Pada umumnya, ada 2 jenis bentuk earphone yang kebanyakan beredar di pasaran; yaitu bentuk in-ear monitoring (IEM) dan earbuds. Bentuk-bentuk tersebut dapat kamu sesuaikan dengan lubang telinga, agar memperoleh kenyamanan yang pas saat menggunakannya.

2. Memilih Kompabilitas yang Sesuai

Foto : Semutimut

Dalam memilih earphone bluetooth, pastikan kamu menyesuaikan kompabilitasnya dengan perangkat kamu yang lain. Sebenarnya, berbeda sedikit tidak menjadi masalah, tetapi suara yang dikeluarkan dan fiturnya mungkin tidak dapat diperoleh secara maksimal. Diketahui bahwa iOS memiliki jenis codec bernama Advance Audio Coding (AAC), sedangkan di Android memiliki codec bernama apt-X. Codec tersebut dapat menjadi petunjuk kamu saat memilih kompabilitas earphone bluetooth.

3. Cari Tahu Detail Spesifikasi dan Fitur

Foto : JakartaNotebook

Beralih ke spesifikasi dan fitur yang diberikan. Kamu perlu memperhatikan beberapa aspek terkait spesifikasi dan fitur yang ditawarkan di sebuah earphone bluetooth tersebut. Misalnya, fitur-fitur penting seperti noise cancelling, sensitivity, sound isolation, drivers hingga sweat resistant. Pada tips ketiga ini, kamu juga akan mengetahui daya tahan baterainya dan perlu waktu berapa lama untuk mengisi daya. Mengetahui spesifikasi dan fitur ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu buat menerima harganya, apakah masuk akal atau tidak.

4. Sesuaikan Budget

Foto : Kompas

Ini dia, tips paling penting setelah mengetahui 3 tips utama sebelumnya, yaitu budget. Bukan rahasia lagi, jika kamu menginginkan earphone bluetooth yang canggih, maka kamu perlu untuk merogoh kocek lebih dalam. Namun, kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu punya dengan memilih earphone bluetooth yang tidak terlalu mahal dengan mempertimbangkan 3 tips sebelumnya. Atau, kamu bisa mengikuti serangkaian flash sale yang ada di e-commerce dengan bijak untuk mendapatkan earphone bluetooth impian kamu. 

5. Perhatikan Garansi

Foto : Acer

Tips yang terakhir, yaitu garansi. Kamu juga harus memperhatikan dengan baik terkait garansi yang diberikan apakah garansi resmi atau garansi distributor. Waktu yang diberikan untuk garansi juga bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih earphone. Garansi ini penting, sehingga kamu tidak perlu pusing saat earphone bluetooth mengalami kerusakan. Jika sudah membeli dan mendapatkan kartu garansi, simpanlah kartu tersebut secara baik-baik agar dapat dengan mudah ditemukan sewaktu dibutuhkan.

Itu dia ke-5 tips memilih earphone bluetooth agar kamu tidak salah beli. Setelah menerapkan ke-5 tips tersebut, mungkin kamu juga perlu untuk membaca review dari pelanggan-pelanggan lainnya untuk menambah insight.

Baca Juga : Tips Rakit PC Gaming Harga Terjangkau Kualitas Jempolan

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *