Facebook dikabarkan akan merilis update terbaru yang telah lama dinantikan. Layanan jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini disebut sedang menguji coba mode gelap (dark mode) di aplikasi selulernya.

Baca Juga: Garuda Indonesia Gabung dengan 9 Perusahaan Milik Negara

Sebenarnya, mode gelap di Facebook telah lama hadir sejak Maret 2020 untuk versi desktop dan aplikasi pendampingnya, seperti Messenger, sejak tahun 2019. Namun, tidak diketahui mengapa mode gelap itu baru dihadirkan belakangan untuk aplikasi selulernya. Tampaknya, Facebook ingin merilis fitur-fitur baru dengan hati-hati karena aplikasi ini digunakan secara luas.

Melansir CNN Indonesia dari XDA Developers, kabar mengenai keberadaan mode gelap pada aplikasi Facebook dihembuskan pertama kali oleh Jane Manchun Wong melalui akun Twitter pribadinya. Wong yang bekerja sama dengan juru bicara Facebook menulis cuitan mengenai fitur tersebut, dan mengungkap jika perilisan mode gelap itu membutuhkan waktu karena belum tersedia untuk kalangan luas.

Menurut informasi yang beredar, mode gelap ini diluncurkan terutama untuk pengguna aplikasi di iOS. Untuk versi Android, mode gelap ini diketahui terungkap ke publik sejak beberapa bulan yang lalu dan bisa bekerja dengan baik bersama seluruh sistem yang terdapat pada Android 10 dan versi setelahnya.

“Kami tahu orang-orang telah meminta mode gelap dan mereka tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Orang-orang akan mulai melihat opsi di pengaturan aplikasi Facebook mereka saat kami meluncurkannya secara global,” kata juru bicara Facebook.

Kabarnya, mode gelap ini akan dapat dicoba oleh sejumlah pengguna Facebook di Android dan iOS hingga fitur tersebut rilis secara resmi. Meskipun tidak diketahui siapa saja yang bisa menikmati fitur tersebut lebih dulu, banyak pengguna yang mengklaim mendapatkan fitur mode gelap pada aplikasi Facebook di smartphone miliknya.

Untuk melihat apakah mode gelap ini sudah tersedia pada aplikasi Facebook seluler, kamu cukup membuka aplikasi Facebook di ponsel iOS maupun Android. Lalu, buka Pengaturan & Privasi. Kamu akan melihat opsi Mode Gelap (Dark Mode).

Baca Juga: Ternyata, 7 Aplikasi Ini Bikin Kuota Internet Cepat Habis!

Fitur mode gelap ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dari opsi tersebut. Mode gelap itu juga bisa dibiarkan berubah secara otomatis berdasarkan pengaturan yang terdapat pada sistem di ponselmu. Misalnya, mode gelap diaktifkan secara terjadwal, aplikasi pun akan mengaktifkan mode gelap secara otomatis juga.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *