Raspberry Pi Foundation telah mengumumkan Raspberry Pi 400, sebuah keyboard kompak dengan komputer berbasis ARM built in. Cukup hubungkan ke TV atau monitor menggunakan salah satu dari dua port micro HDMI, masukkan kartu microSD, pasang kabel listrik dan mouse, dan pengguna memiliki komputer dasar untuk tugas sehari-hari, coding, atau pemutaran media.

“Itu bisa diletakkan di bawah pohon Natal Anda dan jika Anda membuka hadiah pada jam 9, jam 10 Anda sudah bisa duduk di depan televisi dengan komputer,” ucap Founder Raspberry Pi, Eben Upton, dalam wawancaranya dengan The Verge.

“Jika kami membuatnya dalam warna abu-abu dan hitam, maka itu akan menghancurkan hati kami. Sehingga, kami membuat produk kami dalam warna pink dan putih dan kami pikir itu adalah warna yang tepat,” tambah Upton sambil bercanda.

Baca Juga : 4 Keyboard Komputer yang Cocok untuk Kerja dan Main Game

Foto : The Verge

Spesifikasi

Raspberry Pi 400 didukung oleh Broadcom BCM2711 quad-core Cortex-A72 (ARM v8) 64-bit SoC clock 1.8GHz dan 4GB LPDDR4 RAM clock di 3.200MHz. Untuk konektivitas, keyboard ini dibekali dengan Wi-Fi IEEE 802.11b / g / n / ac dual-band, Bluetooth 5.0, Gigabit Ethernet, dua port USB 3.0, satu port USB 2.0, dua port Micro-HDMI, satu slot kartu microSD, dan Tajuk GPIO.

Porta Micro-HDMI yang ada mendukung resolusi hingga 4K pada 60fps. Raspberry Pi 400 dapat mendekode video H.265 pada 4K 60fps dan video H.264 pada 1080p 60fps, berkat grafis OpenGL ES 3.0-nya. Papan tombol dilengkapi dengan 78 atau 79 tombol (tergantung pada wilayah), tidak ada pad nomor, dan didukung oleh konektor USB 5V DC.

Harga 

Berikut adalah harga jual Keyboard Raspberry Pi 400 : 

  • Keyboard Raspberry Pi 400 tanpa paket aksesoris = $ 70 atau sekitar Rp 1 jutaan
  • Keyboard Raspberry Pi 400 dengan paket aksesoris = $ 100 atau sekitar Rp 1,4 jutaan.

Paket aksesoris ini berisi mouse, USB-C power supply, kartu microSD, kabel Micro-HDMI ke HDMI, dan panduan pemula.

Foto : The Verge

Baca Juga : lmuwan Ini ‘Sulap’ Kertas Jadi Keyboard

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *