“Ubah sandi secara teratur “adalah salah satu hal paling umum yang disarankan untuk mengamankan kata sandi. Tetapi, sebenarnya saran tersebut bukan merupakan saran yang paling baik.

Kamu tidak perlu repot-repot mengubah kata sandi secara teratur. Alih-alih aman, hal ini malah mendorong pengguna untuk menggunakan sandi yang lebih lemah  dan membuang waktu.

Dalam situasi tertentu, kata sandi memang perlu diubah. Namun, memberi tahu pengguna komputer bahwa mereka perlu mengubah sandi mereka secara teratur adalah sebuah kesalahan.

Mengubah kata sandi secara reguler adalah ide yang bagus karena akan memastikan seseorang tidak dapat memperoleh kata sandi pengguna dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Tanpa Kita Sadari

Misalnya, jika seseorang memperoleh kata sandi email, maka mereka tentu bisa masuk ke akun email pengguna tersebut secara teratur dan memantau komunikasi yang tengah berlangsung

Secara teoritis, mengubah kata sandi secara teratur akan membantu mencegah hal ini terjadi. Meskipun seseorang berhasil mendapatkan kata sandi, mereka hanya memiliki waktu beberapa bulan untuk menggunakan aksesnya untuk tujuan jahat.

Jika manusia memiliki waktu tak terbatas dan ingatan yang sempurna, mengubah kata sandi secara teratur adalah ide yang bagus. 

Mengubah kata sandi secara teratur akan lebih sulit untuk dilakukan karena kecenderungan pengguna akan memilih menggunakan kata sandi yang mudah diingat daripada membuat kata sandi yang kuat karena harus mencoba mengingat kata sandi baru setiap beberapa bulan.

Baca juga: 5 Tips Promosi Usaha Melalui Media Sosial

Pada dasarnya tidak mungkin menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap situs web dan mengingatnya salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi alias Password Manager.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *