Pengolahan produk kayu PT Toba Pulp Lestari di Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

Praktik permak data ekspor bubur kayu diduga dilakukan kelompok usaha  milik konglomerat Sukanto Tanoto. Lembaga Forum Pajak Berkeadilan menemukan dugaan Asia Pacific Resources International Holdings (APRIL Group) melakukan praktik tersebut. Temuan ini tindak lanjut dari laporan investigasi tim Indonesialeaks  pada Februari lalu.

Tim Indonesialeaks menemukan dugaan Grup Sukanto Tanoto, Toba Pulp Lestari Tbk. , mempermak dokumen pencatatan ekspor di bea cukai untuk menyembunyikan keuntungan pada periode 2007-2016.  Penjualan tersebut ke perusahaan terafiliasi yakni DP Macao dan Sateri Holdings Limited. Tim Indonesialeaks menemukan sejumlah dokumen yang memperlihatkan adanya dugaan manipulasi perdagangan di antara ketiga perusahaan tersebut.

Temuan Tim Indonesialeaks tersebut dilaporkan dalam: Investigasi: Akal-akalan Toba Pulp Melipat Untung Ekspor Bubur Kayu

Nah, dalam laporan yang dirilis Forum Pajak Berkeadilan, Selasa (3/11), praktik yang hampir sama disinyalir terjadi di APRIL pada 2016 sampai 2018. Ini terjadi setelah Toba Pulp menghentikan dugaan pencatatan tersebut.

“Pada waktu …

Selengkapnya : Selain Toba Pulp, APRIL Diduga Permak Data Ekspor Pulp ke Tiongkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *