Kabar baik bagi pengguna peramban (browser) Google Chrome di Android. Saat ini, Google tengah mempersiapkan fitur baru, yakni Long Screenshot. Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tangkapan layar (screenshot) dengan ukuran yang lebih panjang daripada biasanya.

Baca Juga: Situs JDIH Lumpuh Setelah UU Ciptaker Ditandatangani

Screenshot sendiri sebenarnya sudah tidak asing digunakan oleh para pengguna perangkat ponsel. Walau begitu, kehadiran fitur Long Screenshot ini menawarkan kemudahan yang berbeda dibandingkan dengan fitur screenshot yang ada pada umumnya.

Dengan fitur Long Screenshot, pengguna bisa menangkap tampilan web layar pada ponsel secara utuh tanpa terpotong. Tentu saja, hasil tangkapan layar akan lebih praktis karena mencakup keseluruhan isi informasi dalam satu gambar saja.

Informasi mengenai akan hadirnya fitur tersebut ditemukan oleh Chromestory.com di dalam browser Google Chrome. Tertera keterangan “Chrome Share Long Screenshots: Enables UI to edit and share long screenshots on Android”, seperti yang terlihat dalam tangkapan layar dari Digital Information World di bawah ini.

Foto: Digital Information World

Keterangan tersebut mengindikasikan fitur baru Chrome yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar seluruh tampilan laman web.

Fitur serupa sebenarnya telah lama dimiliki oleh Samsung, sebagaimana dikutip dari Sam Mobile, Selasa (3/11). Samsung sendiri sudah memiliki fitur screenshot keseluruhan halaman web sejak 2015, saat Galaxy Note 5 hadir untuk pertama kali.

Sembari menunggu kehadiran fitur ini secara resmi, pengguna bisa menggunakan fitur sejenis dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama “LongShot – for long screenshot”. Aplikasi ini bisa didapatkan pengguna secara gratis di Google Play Store.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Atasi Kecanduan Sosial Media

Fitur Long Screenshot pada Google Chrome untuk Android ini tampaknya masih dalam tahap pengembangan. Diperkirakan fitur tersebut akan hadir dalam waktu dekat.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *