Foto: Google

Teknologi.id – Beberapa jenis musik diketahui dapat membuat seseorang menangis. Kemudian, ada pula orang yang merinding dengan mendengarkan musik-musik tertentu.

Hampir setengah dari populasi mengatakan bahwa mereka pernah mengalami sensasi seperti itu saat mendengarkan lagu favorit mereka. Sekarang, kita mungkin tahu apa penyebabnya.

Dilansir dari CNet (4/11/2020), tim ahli saraf di Prancis menerbitkan sebuah penelitian di dalam jurnal Frontiers in Neuroscience. Penelitian yang diterbitkan pada hari Selasa (3/11/2020) lalu, mengaitkan rasa rileks dengan beberapa wilayah otak yang menjadi kunci dalam mengaktifkan sistem kesenangan.

Studi tersebut meminta 18 peserta untuk mendengarkan lagu yang mereka gambarkan sendiri sebagai lagu yang “menghasilkan rasa santai” dan meminta mereka untuk menunjukkan kapan mereka merasa perasaan tersebut.

Para peneliti ingin menganalisis aktivitas di otak saat partisipan merasakan rileks atau santai, sehingga mereka menghubungkannya dengan alat elektroensefalografi (EEG).

Baca Juga: Game Horor Orang Pertama, Maid of Sker Akan Hadir di Switch

Alat ini dapat mendeteksi sinyal listrik yang berasal dari berbagai wilayah otak. Pemindaian EEG mengungkapkan bahwa otak menyala di tiga area penting, yakni pemrosesan emosi, gerakan, dan pemrosesan suara dan musik.

Area aktivitas ini bergabung untuk memicu pelepasan hormon dopamin, yang memberikan emosi dan sensasi “perasaan nyaman”.

Thibault Chabin, seorang peneliti dari University of Burgundy Franche-Comté Prancis, percaya bahwa hasil tersebut mewakili perspektif yang baik untuk penelitian emosi musik dan memberikan peluang untuk studi lebih lanjut dalam konteks yang lain.

“Kami ingin mengukur bagaimana aktivitas otak dan fisiologis dari para peserta digabungkan dalam pengaturan musik sosial yang alami,” ujar Chabin. Studi kecil ini memberi para peneliti wawasan baru mengenai bagaimana musik dapat mempengaruhi otak.

“Kenikmatan musik adalah fenomena yang sangat menarik dan perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian mendalam dilakukan untuk memahami mengapa musik bermanfaat dan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.”

Baca Juga: DFX Indonesia Luncurkan Sistem Monitoring Bursa Aset Crypto

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *