Memiliki perangkat elektronik seperti laptop tentu saja memudahkan aktivitas sehari-hari kita. Tapi jika salah dalam merawat dan menggunakannya, kemudahan yang didapat akan berubah menjadi kesulitan.

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari jika ingin laptopmu berumur panjang dan tidak cepat rusak. Simak artikel di bawah ini!

Kebiasaan Buruk yang Harus Ditinggalkan Agar Laptop Berumur Panjang

1. Tidak Mematikan Laptop Dengan Benar

Foto: Daycast

Setelah selesai menggunakan laptop, perlu dipastikan kalau kamu mematikannya dengan benar. Menempatkan laptop dalam mode sleep untuk jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan laptopmu bermasalah.

Baterai laptop akan lebih boros, software bermasalah, hingga gagal booting atau masuk ke sistem operasi adalah beberapa masalah jika kamu tidak mematikan laptop dengan benar.

Menempatkan mode sleep pada laptop tetap boleh dilakukan untuk jangka waktu yang sebentar. Kalau sekiranya kamu tidak akan memakai laptop dalam waktu dekat, sebaiknya di-shut down saja.

Baca Juga: Ini Penyebab Laptop Gagal Booting dan Cara Mengatasinya

2. Menaruh Laptop di Atas Paha

Foto: The Bottom Line

Menaruh atau memangku laptop di atas paha juga bisa mengakibatkan laptop bermasalah. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara yang dihasilkan laptop akan terhambat.

Ketika kita memakai laptop dan menaruhnya di atas paha maka laptop akan overheating karena ventilasi udara pada laptop berada di bawah. Sebaiknya taruh laptopmu di atas permukaan datar seperti meja atau furnitur yang terbuat dari kayu.

3. Tidak Memasang Antivirus

Foto: Dafunda.com

Laptop yang tidak dipasang antivirus sangat rawan terkena serangan malware. Malware adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk menyusup dan merusak jaringan, server, dan sistem yang ada di dalam komputer atau laptop.

Walaupun meng-install software antivirus memakan waktu yang cukup lama, tetapi lebih baik dilakukan daripada laptopmu terkena virus dan semua data yang ada di sana ikut kena imbasnya.

4. Menguncang-guncangkan Laptop

Foto: Evistapharm

Mungkin jarang ada orang yang sengaja mengguncangkan laptop. Tapi tanpa kita sadari, sering kali kita lari terburu-buru sambil membawa laptop di tangan atau tas.

Tidak ada masalah pada laptop jika dilihat dari luar. Tetapi komponen laptop yang akan menjadi masalah. Harddisk yang terdapat dalam laptop sensitif terhadap guncangan.

Seringnya laptop terguncang-guncang akan mengakibatkan file atau data dalam laptopmu corrupt, bahkan sama sekali tak bisa terbaca. Kebiasaan ini dapat dihindari dengan cara mengganti harddisk atau HDD ke SSD.

Baca Juga: Ini Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kalian Tahu

5. Ngemil di Depan Laptop

Foto: Health Magazine

Ngemil atau makan makanan ringan merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Sambil mengerjakan tugas atau menonton film, ngemil juga menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan.

Ngemil di depan laptop sah-sah saja selama serpihan yang dihasilkan dari jajananmu tidak masuk ke dalam keyboard. Jika hal ini terjadi, maka semut-semut akan berdatangan dan memakan komponen laptopmu, misalnya karet dalam keyboard.

Karet keyboard yang sudah dimakan oleh semut akan menyebabkan kerusakan pada beberapa tombol dan tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati saat ngemil di depan laptop.

6. Mengangkat Laptop Dengan Cara Memegang Layarnya

Foto: Waco iPhones

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang. Terlalu sering mengangkat laptop dari atas atau memegang layarnya akan menyebabkan kerusakan pada hardware.

Layar laptop terhubung dengan badan laptop dengan sekrup. Jika kamu terlalu sering mengangkat laptop dari atas, maka sekrup yang ada pada layar laptop akan terlepas. Terlebih lagi jika jari-jari tanganmu akan meninggalkan bekas di LCD atau layar laptopmu.

Kebiasaan-kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari untuk mengantisipasi kerusakan atau terjadinya masalah pada laptopmu, dan juga menjadikan laptopmu berumur panjang.

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *