Ada beberapa tipe orang yang menggunakan satu perangkat smartphone alias HP dalam jangka waktu lama dan menghiraukan kehadiran HP lainnya yang lebih baru.

Meskipun HP yang lebih baru tentu membawa fitur dan teknologi yang lebih canggih, namun kebanyakan tipe orang seperti ini lebih memilih mempertahankan HP lamanya karena sudah nyaman dan malas untuk beradaptasi dengan HP yang baru.

Tapi apa jadinya bila HP tersebut tiba-tiba rusak dan sudah tidak bisa digunakan? Tentu pilihan terakhir adalah mempensiunkannya dan harus membeli HP lagi.

Nah, bila budget pas-pasan tetapi kondisi mengharuskan kalian untuk membeli HP, kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli HP bekas. Berikut ini 7 keuntungan beli HP bekas daripada beli HP baru:

Baca juga: Perbandingan HP Android vs iPhone, Pilih yang Mana?

7 Keuntungan Beli HP Bekas Daripada Beli Baru

1. Harga pasti lebih murah

Smartphone Money Finance - Free photo on Pixabay
Foto: Pixabay

Harga HP bekas sudah pasti tidak semahal yang baru. Bahkan bisa dibilang jauh dari harga HP baru, selisihnya ratusan ribu hingga jutaan, sesuai kondisi yang ditawarkan.

Dengan harga murah, kamu bisa menggantikan HP lamamu dengan yang lebih bagus. Terkadang kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan barang yang masih mulus seperti baru.

2. Tidak butuh fitur muluk-muluk

LG Wing: The Swiveling Smartphone! - YouTube
Foto: Marques Brownlee

Kebanyakan orang menganggap bahwa mengikuti tren teknologi bukanlah sebuah kebutuhan. Kamu mungkin hanya membutuhkan HP yang kemampuannya standar.

Bisa untuk berkomunikasi, memiliki kamera, dan memori yang cukup. Kamu tidak membutuhkan HP baru untuk mendapatkan hal tersebut. Cukup cari HP bekas yang umurnya satu hingga dua tahun.

3. Harga jual kembali tidak terlalu jatuh

Prodajate star mobilni telefon? Izbrišite vse podatke z njega! -  skandal24.si
Foto: Phonecheck

Harga gadget selalu turun setiap tahunnya. Dengan membeli HP bekas, kamu tidak akan mengalami kerugian terlalu banyak saat menjualnya kembali. Kemungkinan kamu hanya akan rugi ratusan ribu, bukan jutaan seperti saat menjual HP baru.

Baca juga: Terlalu Tajam, Bodi iPhone 12 Lukai Sejumlah Pengguna

4. Gonta-ganti saat bosan

Download premium psd of Holding one of many mobile phones 59362 | Mobile  phone, Smartphone technology, Phone
Foto: Rawpixel

Keuntungan lain dari membeli HP bekas adalah kamu bisa bebas menggantinya lagi saat bosan atau kapan pun kamu mau. Karena harga jual tidak terlalu jauh dari harga beli, kamu cukup diuntungkan. Setelah menjualnya, kamu bisa mencoba HP lain yang kamu mau, tanpa mengeluarkan budget yang tinggi.

5. Ramah lingkungan

Your smartphone is more harmful to the environment than you think •  Earth.com
Foto: Earth.com

Kebiasaan berganti HP baru ternyata tidak baik untuk lingkungan. Ini karena gadget yang sudah tidak dipakai akan menjadi sampah elektronik. Dilansir dari Make Use Of, jutaan gadget tak terpakai dibuang setiap tahunnya.

Mereka bisa mengeluarkan bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan. Oleh karena itu, dengan membeli HP bekas, kamu akan berkontribusi untuk memperpanjang sirkulasi sehingga HP tidak langsung menjadi sampah elektronik.

6. Mendapatkan bonus aksesori

Best Accessories to Buy After Unwrapping Your New Android Phone in 2020 |  Android Central
Foto: Android Central

Karena HP tersebut sudah pernah dipakai, biasanya ada banyak aksesori yang disertakan. Contohnya screen protector, case, dan lainnya. Kamu pun tidak perlu membeli lagi.

Baca juga: iPhone 13 Bakal Dibekali Penyimpanan Internal 1TB?

7. Membantu orang lain

Sell Cells: 4 Tips to Sell Your Phone While Saving Money
Foto: Life and My Finances

Orang yang menjual HP biasanya sedang membutuhkan uang. Dengan membelinya, kamu bisa ikut membantu penjual tersebut. Tidak banyak lho orang yang tertarik untuk membeli HP bekas.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *