Keamanan siber dan peretasan merupakan sesuatu yang memikat bagi masyarakat. Karena hal ini bukan sesuatu yang fiktif, melainkan kejadian nyata. Orang-orang terpikat akan misteri dibalik para peretas ini dan bagaimana caranya mereka bisa melakukan hal-hal tersebut.

Sehingga, film-film dengan tema keamanan siber dan peretasan dapat menarik perhatian masyarakat untuk menonton film-film tersebut. Mulai dari cerita dengan plot serta karakter fiksi, sampai cerita yang menceritakan seorang peretas asli dan apa yang diretas.

Nah, kali ini Teknologi.id akan merekomendasikan film-film bertema keamanan siber dan peretasan. Apa saja?

Baca juga : Musik Dapat Pengaruhi Emosi Manusia, Kok Bisa?

1. Hacker (2016)

“Hacker” (secara teatrikal dirilis sebagai “‘Anonymous”) adalah film thriller kriminal tahun 2016 yang disutradarai oleh Akan Satayev. Skenario film ini ditulis oleh Timur Zhaxylykov dan Sanzhar Sultan, yang juga bekerja sama dengan Brillstein Entertainment Partners.

“Hacker” menceritakan tentang sekelompok peretas muda yang terlibat dengan grup kejahatan online dan pedagang pasar gelap di Toronto, Hong Kong, New York, serta Bangkok. Ceritanya berawal dari Alex, seorang imigran muda dari Ukraina, ingin membantu orang tuanya dengan melakukan peretasan dan pencurian identitas. Dia dibantu sahabatnya, Sye yang merupakan pedagang pasar gelap.

Berikut adalah trailer resmi dari film “Hacker”.


2. Snowden (2016)

“Snowden” adalah film thriller biografi tahun 2016 yang disutradarai oleh Oliver Stone, naskahnya ditulis oleh Stone dan Kieran Fitzgerald. Film ini berdasarkan buku “The Snowden Files” oleh Luke Harding pada tahun 2014, dan buku “Time of the Octopus” oleh Anatoly Kucherena pada tahun 2016.

Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt sebagai Edward Snowden. Edward Snowden adalah subkontraktor dan whistleblower Central Intelligence Agency (CIA) yang menyalin dan membocorkan informasi sangat rahasia dari National Security Agency (NSA) mulai tahun 2013.

Berikut adalah trailer resmi dari film “Snowden”.


3. Who Am I (2014)

“Who Am I” (Dalam bahasa Jerman: Kein System ist sicher; Dalam bahasa Inggris: “Who Am I: No System Is Safe”) adalah film thriller teknologi Jerman pada tahun 2014 yang disutradarai oleh Baran bo Odar. Film Ini menceritakan tentang kelompok peretas komputer di Berlin yang bertujuan mendapatkan ketenaran global. “Who Am I” dibuat di Berlin dan Rostock. Karena jalan cerita dan beberapa elemennya, film ini sering dibandingkan dengan “Fight Club” dan “Mr. Robot”.

Berikut adalah trailer resmi dari film “Who Am I”.


Baca juga : Indonesia Membutuhkan Teknologi 5G? Kenali Cara Kerjanya!

4. Underground: The Julian Assange Story (2012)

“Underground: The Julian Assange Story” adalah film televisi Australia. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto 2012 dan ditayangkan di Network Ten pada 7 Oktober 2012.

“Underground: The Julian Assange Story” mengambil judulnya dari “Underground: Tales of Hacking, Madness and Obsession on the Electronic Frontier”, sebuah buku tahun 1997 oleh Suelette Dreyfus, diteliti oleh Julian Assange. Tetapi film ini tidak terlalu berhubungan dengan buku tersebut, yang mengkatalogkan eksploitasi sekelompok peretas Australia, Amerika, dan Inggris selama tahun 1980-an dan awal 1990-an. Salah satu peretasnya adalah Julian Assange.

Film ini tidak disetujui oleh Julian Assange, Wikileaks, atau anggota keluarga Assange lainnya. Dan tidak ada kolaborasi dengan keluarga Assange atau Wikileaks selama pembuatan film tersebut. Namun Julian Assange kemudian memiliki respon yang sangat baik untuk film ini.

Berikut adalah trailer resmi dari film “Underground: The Julian Assange Story”.


5. We Are Legion: The Story of the Hacktivists (2012)

“We Are Legion: The Story of the Hacktivists” adalah film dokumenter tahun 2012 tentang cara kerja dan keyakinan kolektif hacktivist, yaitu Anonymous. Nama organisasi ini sudah tidak asing lagi bagi publik sejak protes besar-besaran di Amerika tentang “Black Lives Matter” di bulan Mei 2020.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Brian Knappenberger. Plotnya adalah menceritakan kisah Anonymous yang diasumsikan berasal dari imageboard 4chan. “We Are Legion: The Story of the Hacktivists” juga menguraikan titik balik utama dan operasi-operasi yang dilakukan dalam sejarah Anonymous.

Anonymous terbentuk karena amarah oleh berbagai masalah seperti penyalahgunaan hak cipta, kebrutalan polisi, sensor online, dan sebagainya. Mereka melihat diri mereka sebagai aktivis dan pelindung kebebasan berbicara, serta cenderung bangkit dengan sangat kuat ketika mereka melihat ancaman terhadap kebebasan internet atau privasi pribadi.

Berikut adalah trailer resmi dari film “We Are Legion: The Story of the Hacktivist”.

6. The Imitation Game (2014)

“The Imitation Game” adalah film drama sejarah pada tahun 2014 yang disutradarai oleh Morten Tyldum dan naskahnya ditulis oleh Graham Moore, berdasarkan biografi “Alan Turing: The Enigma” oleh Andrew Hodges pada tahun 1983.

Judul film tersebut mengutip nama permainan yang diusulkan Alan Turing untuk menjawab pertanyaan “Bisakah mesin berpikir?”, dalam tulisannya pada tahun 1950 yang berjudul “Mesin Komputasi dan Kecerdasan”.

“The Imitation Game” dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai cryptanalyst Inggris bernama Alan Turing, yang mendekripsi pesan intelijen Jerman untuk pemerintah Inggris selama Perang Dunia Kedua. Menurut beberapa sejarawan militer, jasa dan kejeniusan Turing menyelamatkan sebanyak dua juta nyawa.

Berikut adalah trailer resmi dari film “The Imitation Game”.


Baca juga : Steam Playtest, Fitur BarSteam untuk Mencoba Game

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *