WhatsApp akhirnya resmi merilis secara global fitur yang memungkinkan untuk menghapus pesan otomatis setelah pesan tersebut dikirimkan.

Fitur baru WhatsApp yang dinamai “Disappearing Messages” alias “Pesan Sementara” tersebut, bila diaktifkan akan membuat seluruh pesan-pesan dalam ruang obrolan individu atau pun grup bisa terhapus secara otomatis setelah 7 hari sejak dikirimkan.

Tentunya fitur ini sangat berguna bagi para pengguna yang merasa was-was jika ada pesan di waktu lampau yang tidak seharusnya dibaca oleh orang lain.

Selain itu, dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna juga bisa lebih menghemat penyimpanan ponsel, karena pesan-pesan yang telah lama bisa langsung terhapus tanpa menumpuk hingga memenuhi memori penyimpanan.

Baca juga: Cara Menjadwalkan Pesan WhatsApp Agar Terkirim Otomatis

Lalu, kenapa tujuh hari?

“Kami menilai jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar tidak lupa apa yang sedang dibicarakan,” jawab WhatsApp.

Fitur Pesan Sementara ini dapat digunakan dalam chat individual maupun grup. Pada chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara.

Sedangkan dalam grup chat, peraturannya sedikit berbeda, di mana hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

WhatsApp launches new disappearing messages option - The Verge

Foto: TheVerge

Bila dalam suatu keadaan pengguna tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari, maka pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Begitu pun ketika pengguna membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang dibalas adalah pesan sementara, maka pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

Selain itu, jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

Lalu, apabila pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

WhatApp menganjurkan menggunakan fitur pesan sementara hanya dengan orang-orang yang dipercayai.

“Misalnya seorang yang mungkin akan meneruskan atau mengambil screenshot pesan sementara dan menyimpannya sebelum pesan tersebut hilang. Atau yang menyalin dan menyimpan isi pesan sementara sebelum pesan tersebut hilang. Serta mereka yang mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang,” papar WhatsApp dalam blog resminya, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Melihat Chat WhatsApp yang Dihapus

Cara Menggunakan Fitur Hapus Otomatis WhatsApp (Pesan Sementara)

Untuk menggunakan fitur hapus pesan otomatis alias fitur Pesan Sementara ini sangatlah mudah. Bagi pengguna individu, berikut caranya:

– Buka chat yang ingin dinyalakan fitur hapus pesan otomatis

– Lalu tekan profil individu

– Tekan opsi Disappearing messages atau Pesan Sementara

– Tekan pilihan On atau Nyala

Mulai sejak fitur tersebut diaktifkan, pesan kalian akan langsung terhapus setelah dikirimkan dalam waktu 7 hari.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *