Foto: Emojipedia

Teknologi.id – Apple secara resmi merilis iOS dan iPadOS 14.2 hari ini (6/11/2020), yang disertai dengan penambahan berbagai fitur baru. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu para pengguna Apple ialah kumpulan emoji yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Emoji-emoji yang tergolong baru, ialah ninja, bendera kebanggaan transgender, koin, bubble tea, dodo, piñata, tamale, bobo dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula fitur “People Detection“, fitur aksesibilitas untuk tunanetra atau gangguan penglihatan.

Foto: MacRumors

“People Detection” menggunakan sensor lidar, yang terpasang di bagian belakang iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max untuk mendeteksi orang dalam radius 15 kaki dari smartphone.

Foto: MacRumors

Ada tambahan beberapa fitur utama untuk produk HomePod Apple. Pembaruan ini termasuk fitur interkom yang diumumkan Apple bersama dengan HomePod, disertai dengan kemampuan untuk menghubungkan speaker HomePod ke sebuah Apple TV 4K seperti stereo, surround, dan Dolby Atmos.

Pada “Control Center“, ada tombol “Music Recognition” baru yang mengintegrasikan integrasi aplikasi Shazam milik Apple di sistem operasi iOS. “Music Recognition” memungkinkan Anda menemukan musik yang diputar di sekitar Anda maupun yang diputar di aplikasi, bahkan saat Anda mengenakan AirPods.

Foto: MacRumors

Music Recognition” dapat ditambahkan ke “Control Center” melalui “Settings”. Fitur ini digunakan dengan mengaktifkan “Control Center”, lalu mengetuk ikon Shazam untuk pengenalan lagu. Proses ini lebih sederhana daripada meminta Siri atau membuka aplikasi Shazam.

Ada widget “Now Playing” yang didesain ulang di “Control Center”, mencantumkan album yang terakhir diputar dan mungkin ingin Anda dengarkan lagi. Ada juga interface yang didesain ulang untuk AirPlay.

Foto: MacRumors

Pembaruan ini membuat AirPlay lebih mudah untuk memutar musik di beberapa perangkat yang kompatibel dengan AirPlay 2 secara bersamaan.

Untuk pemilik iPad Air, pembaruan iPadOS 14 menambahkan fungsionalitas kamera A14 baru yang juga diperkenalkan di jajaran iPhone 12. “Scene Detection” menggunakan pengenalan gambar cerdas untuk mengidentifikasi objek, sehingga dapat meningkatkan kualitas foto.

Baca Juga: Bocoran 7 Fitur iPhone 13 Beredar di Internet, Apa Saja?

Pembaruan iOS 14.2 juga menghadirkan bentuk upgrade lain, termasuk delapan wallpaper baru dan serangkaian perbaikan bug. iOS 14.2 dapat diunduh secara gratis dan tersedia di semua perangkat Apple yang memenuhi syarat pembaruan.

Perlu diingat bahwa untuk produk Apple keluaran lama mungkin tidak bisa melakukan pembaruan ke iOS 14.2. Untuk mengunduh iOS 14.2, buka bagian “Settings” pada iPhone atau iPad Anda, ketuk “General”, lalu pilih “Software Update”.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *