BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Kepala Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil ( Dispenduk ) Kabupaten Situbondo Sofwan Hadi, menerima kunjungan Komisi I dan Komisi II DPRD kabupaten Probolinggo, kunjungan tersebut dalam rangka sharing dan study tiru percepatan pelayanan admistrasi kependudukan di Kabupaten Situbondo, Senin 9/11/2020.

Kepala Dispenduk Kabupaten Situbondo Sofwan Hadi usai acaraa memaparkan, tujuan kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Probolinggo untuk saling sharing dan studi tiru yang dilakukan oleh Dukcapil Kabupaten Situbondo dan Dukcapil Probolinggo.

“Secara prinsip kami sama, tapi perbedaannya adalah versinya saja, kalau kami di Kabupaten Situbondo seperti petunjuk Bapak Bupati yaitu lebih mendekatkan layanan dan lebih memudahkan masyarakat,”Papar Sofwan.

Pelayanan yang diterapkan oleh Dukcapil Situbondo selama ini seperti layanan berbasis IT yaitu Aplikasi Silau, sedangkan layanan tatap muka JEBOL( jemput bola) seperti Pelanduk Cepat ( pelayanan adminduk cetak ditempat) , Perisai mas, Balada akhir.

“Layanan yang terbaru dari kami adalah mengoptimalkan peran kecamatan melayani adminduk, kita sudah uji coba di tiga kecamatan alhamdulilah itu sukses dan untuk 14 kecamatan lainnya masih kita siapkan prasarannya,”Jelasnya.

Layanan jemput bola itulah yang menurut Sofwan Hadi yang menarik perhatian Kabupaten Probolinggo umtuk ditru, karena selam ini diketahui dari 24 kabupaten di Jawa Timur pelayanan kependudukan masih belum maksimal.

Sementara ketua Komisi I Kabupaten Probolinggo Hj, Sumarni Rasyid mengatakan kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Probolinggo dalam rangka sharing informasi pelayanan pembuatan KTP dan admistrasi lainnya selama masa pandemi.

“Alhamdulilah banyak ilmu – ilmu yang kami dapat dari Dukcapil Situbondo, jadi kami saling bertukar ilmu – ilmu terbaik dari Probolinggo dan Situbondo, dari kabupaten Situbondo yang menarik dan akan kami bawa ke Probolinggo adalah layanan jemput bola, karena layanan ini menurut kami sangat efisien dan sangat membantu masyarakat yang berdomisili jauh dari perkotaan,”Singkatnya.

Untuk memberikan pelayanan cepat terhadap masyarakat, Dukcapil Situbondo sejak maret tahun 2020 sudah sukses menguji coba pelayanan perekaman bahkan penerbitan e-KTP, KK, AKTA dan Akta kemtian di Tiga Kecamatan dikabupaten Situbondo yaitu Kecamatan Besuki, Kecamatan Kapongan dan Kecamatan Asembagus.

The post Disdukcapil Situbondo Terima Kunker Komisi I & Komisi II DPRD Probolinggo appeared first on BeritaNasional.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *