Jika dulu di kereta bawah tanah dan rel kereta api di Jepang dipenuhi dengan gigi palsu, sampah, sampai kunci penumpang yang jatuh, kini ada penghuni baru yang sering ‘mampir’: wireless earbud yang tidak sengaja jatuh ketika penumpang naik atau turun dari kereta.

Permasalahan earbud jatuh ini terlihat sepele, namun ternyata sering terjadi hingga East Japan Railway Co. memutuskan untuk bekerja sama dengan Panasonic untuk mengembangkan vakum dengan leher panjang dan desain khusus yang digunakan untuk mengambil AirPods penumpang yang terjatuh.

Menurut East Japan Railway Co. atau yang lebih sering disebut sebagai JR East, pada bulan Juli sampai September 2020 saja sudah terdapat 950 laporan kehilangan wireless earbud di 78 stasiun kereta di Tokyo.

Baca juga: WhatsApp Pay Kini Hadir di India, Bisa untuk Transfer Uang

Perangkat mini yang berharga jutaan rupiah ini, membuat staff JR East sering diminta penumpang untuk mengambilkannya segera.

Sebelumnya, staff JR East menggunakan alat pengait sederhana yang bisa digunakan untuk ‘mencapit’ benda yang cukup besar seperti pakaian, botol air, sampah, sampai sepatu yang terjatuh.

Proses pengambilan AirPods dengan alat capit sederhana. Foto: Foto: JR East/JiJi Press

Namun, karena ukuran AirPods yang begitu kecil, benda itu seringkali malah terjatuh makin dalam ketika diambil sehingga tidak mungkin diambil dengan menggunakan alat capit tersebut.

Solusinya adalah dengan membuat perangkat mirip vacuum cleaner tanpa kabel dengan leher yang bisa dipanjangkan, yang memungkinkan meraih lokasi-lokasi yang sempit dan sulit dijangkau.

Baca juga: Sony A7C Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 26 Jutaan

Penyedot AirPods ini sedang diuji di Stasiun Ikebukuro JR East dan hasilnya cukup memuaskan. Meskipun diuji untuk mengambil perangkat AirPods milik Apple, teknologi ini tidak terbatas hanya untuk AirPods dan bisa digunakan untuk mengambil earbuds wireless merk apapun.

Jika hasil akhir pengujiannya menunjukan hasil yang memuaskan, Panasonic berencana untuk menjual alat ini secara luas dan secara langsung kepada konsumen.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *