Foto: Google

Teknologi.id – Jika ingin mengendalikan data pribadi Anda dari perusahaan, pemerintah, rumah sakit, dan organisasi lain, sebuah startup bernama Inrupt menjadi jawabannya. Perusahaan tersebut memiliki ide untuk menyimpan informasi pribadi Anda secara terpisah dan hanya membagikan data yang diperlukan dengan layanan hanya saat Anda mengaksesnya.

Inrupt menyebut kumpulan data ini sebagai “pods“. Data-data itu dapat diakses menggunakan teknologi penyimpanan data open-source dari perusahaan yang disebut Solid.

Anda dapat menyimpan data fitness, misalnya. Data fitness Anda dapat dibagikan ketika aplikasi Solid milik dokter Anda meminta akses.

Nama besar di balik Inrupt adalah Tim Berners-Lee, yang juga menemukan world wide web. Berners-Lee, yang menjabat sebagai chief technology officer (CTO), mendirikan perusahaan ini bersama Chief Executive John Bruce. Inrupt telah menguji layanannya dengan BBC, pemerintah Flanders, NatWest Bank dan National Health Service di Inggris dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Joe Biden Menang Pilpres AS 2020, Apa Efeknya di Teknologi?

Perusahaan juga dikabarkan membuat Enterprise Solid Server, sebuah infrastruktur yang mendukung layanan itu dan tersedia untuk setiap pelanggan yang berminat.

“Teknologi yang kami luncurkan hari ini adalah komponen dari koreksi jalur yang amat dibutuhkan untuk web,” ujar Berners-Lee dalam sebuah pernyataan.

inrupt | be you.

“Pada akhirnya, fondasi baru atas kepercayaan dan kerja sama ini akan mengarah pada model bisnis yang benar-benar menguntungkan penggunanya.”

Banyak layanan yang sekarang gratis untuk digunakan, seperti e-mail berbasis web, yang pada akhirnya membebankan biaya kepada pelanggan. Peluncuran Inrupt terjadi karena privasi menjadi perhatian yang lebih besar di industri teknologi, yang reputasinya telah menderita dengan skandal profil tinggi.

Legislasi yang terlibat ialah Peraturan Perlindungan Data Umum Eropa dan Undang-Undang Privasi Konsumen California, yang dapat memiringkan keseimbangan ke arah privasi dan kesuksesan bisnis Inrupt.

Baca Juga: Twitter Bakal Cabut Hak Spesial Trump Mulai Januari 2021

Tantangan untuk Inrupt ialah memicu kritik massa dari orang-orang, bisnis-bisnis, dan organisasi-organisasi lain untuk merangkulnya; membuatnya cukup mudah digunakan sehingga manfaatnya lebih besar; serta memastikannya untuk tidak dijadikan saluran baru penyalahgunaan dan peretasan.

Untuk membantu mengatasi masalah terakhir, Inrupt mempekerjakan Bruce Schneier, seorang ahli pengaman komputer yang dihormati, sebagai kepala arsitektur keamanan.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *