Konsol permainan Xbox Series X dan Series S mulai dipasarkan minggu ini. Konsol terbaru keluaran Microsoft ini membawa sejumlah fitur dan pembaruan terkini dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Baru berselang sehari setelah penjualan dimulai, beredar video di internet yang memperlihatkan konsol Xbox Series X mengeluarkan asap. 

Baca Juga: Resmi! Berikut List Harga dan Daftar Toko PS5 di Indonesia

Dilansir dari Gizmochina, pengguna yang mengunggah video tersebut ke internet mengklaim jika konsol yang mereka miliki mengeluarkan api dan berasap. Namun, sepertinya video tersebut besar kemungkinannya merupakan video palsu. 

Terdapat video lain yang memperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi. Seperti yang terlihat dalam video di bawah, asap yang keluar dari konsol tersebut merupakan asap vape yang dihembuskan pengguna searah dengan konsol, yang menyebabkan asap kemudian keluar melalui celah angin (vent) yang terdapat di bagian atas.

Alasan yang menyebabkan asap vape tersebut keluar dari vent adalah karena desain konsol itu sendiri. Kipas yang terdapat pada konsol dirancang untuk menghisap panas dari konsol dan mengeluarkannya melalui vent. Berkat “feet” di dasar Xbox Series X yang membuat permukaan bawah konsol tidak menempel, kipas tersebut bisa menyedot asap vape sehingga menyebabkan konsol terlihat seperti berasap.

Sebenarnya, kecil kemungkinan bagi konsol tersebut untuk mengeluarkan api meskipin terjadi overheating karena tidak ada baterai yang ditanamkan dalam perangkat. Kebanyakan perangkat elektronik yang mengeluarkan api atau meledak umumnya disebabkan oleh keberadaan baterai built-in dan hal ini tidak terjadi pada konsol, seperti Xbox Series X.

Kejadian tersebut menyebabkan akun Twitter resmi Xbox mengeluarkan statement hari ini, memohon kepada pengguna untuk tidak menghembuskan asap vape kepada konsol.

Terdapat keluhan lain seputar Xbox yang beredar di internet, seperti bunyi-bunyian yang tidak biasa dan drive konsol yang tidak bisa menerima CD. Jika pengguna memiliki keluhan demikian, Xbox mengatakan pengguna sebaiknya menghubungi contact support.

Baca Juga: 

Adalah hal yang tidak biasa bagi sebuah produk baru menjadi bermasalah dan Xbox Series X sepertinya tidak akan seperti ini. Kendati demikian, kejadian yang ditimbulkan oleh orang-orang tersebut merupakan hal yang konyol. 

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *