BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Slogan “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” menjadi tema utama pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 yang diperingati Secara Nasional . Kamis 12/11/2020.

Dalam rangka memperingatinya, pegawai kesehatan di Puskesmas Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo mengawali dengan membentuk Huruf HKN dan angka 56 dari para pegawai yang berbaris di bawah terik matahari.

Kepala Puskesmas Kecamatan Panji Bagus Sulaksono.S.Kep.Msi mengatakan, khusus peringatan HKN ke-56 pihaknya melakukan giat berjemur membentuk huruf dan angka serta mengajak masyarakat yang melintas untuk bertepuk tangan selama 56 detik.

“Tahun ini sesuai arahan Kementrian kesehatan RI mengajak masyarakat memperingati HKN dengan melakukan gerakan tepuk tangan selama 56 detik, sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang telah melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,”Kata Bagus.

Bagus juga mengatatakan gerakan tepuk tangan selama 56 detik tak hanya sebagai tanda penyemangat bagi tim medis dan masyarakat Indonesia, gerakan tepuk tangan juga memiliki manfaat lain dalam kesehatan.

“Tepuk tangan itu ada manfaatnya bagi kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan meredakan nyeri,” Ujarnya.

Ia menambahkan,didalam tubuh manusia adalah sekumpulan saraf dan pembuluh darah yang menyebar ke seluruh tubuh dan merupakan salah satu jaringan paling kompleks.

“Dengan tepuk tangan jaringan saraf kita bukan hanya ada pada tangan tapi saraf lainnya akan aktif sehingga memperlancar peredaran darah kita,”Tambahnya.

Kepala Puskesmas Panji itu mengingatkan kepada masyarakat ditengah wabah virus Covid-19 ini, agar disiplin melaksanakan 3M untuk mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran.

“Virus ini suka tidak suka ada ditengah – tengah kita dan tanpa kita tau itu di kapan dan di mana virus itu mendekati kita, untuk itu mari selalu cuci tangan, menjaga jarak dan selalu memakai masker agar kita dapat memutus penyebaran,”Pungkasnya.

Tak hanya mengajak masyarakat tepuk tangan selam 56 detik, para pegai Puskesmas juga membentangkan tulisan – tulisan lucu nan menarik untuk menarik perhatian warga.

Dikutip jurnal Psychology and Behavioral Science, telapak tangan secara khusus mengandung ujung saraf dan pembuluh darah yang dapat dirangsang melalui tepuk tangan.

Tepuk tangan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan organ seperti ginjal, saluran pencernaan, dan punggung bagian bawah.

Ada sekitar 30 lebih titik akupresur di telapak tangan yang diaktifkan saat Anda bertepuk tangan. Ini menghubungkan berbagai organ termasuk punggung bagian bawah, leher, ginjal, paru-paru perut, dan lain-lain.

Manfaat tepuk tangan diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan dan meningkatkan tekanan darah. Sirkulasi darah ke berbagai organ juga ditingkatkan dengan tepuk tangan secara teratur.

Tepuk tangan juga membantu memperbaiki masalah terkait asma dengan meningkatkan fungsi ujung saraf yang menghubungkan organ-organ ini.

Khususnya pada anak-anak, tepuk tangan dapat meningkatkan fungsi otak dan berkontribusi pada tulisan tangan yang lebih baik, mengurangi kesalahan ejaan, dan meningkatkan konsentrasi.

Tepuk tangan juga membantu kekebalan dengan meningkatkan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman, dan hal itu dapat mengurangi seringnya terjadi infeksi.

Tepuk tangan secara teratur juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dalam kasus artritis dan nyeri.

Untuk punggung, baik itu nyeri punggung tengah atau bawah, ada manfaat besar dari tepuk tangan. Tingkat keparahan nyeri dapat dikurangi secara signifikan dengan bertepuk tangan.

Meski kelihatannya aneh, bertepuk tangan juga terbukti mengurangi kejadian insomnia dan meningkatkan kesehatan rambut.

Sementara, untuk penyakit mental seperti depresi dan kecemasan, bertepuk tangan bisa menjadi olahraga yang sangat mudah dilakukan tanpa biaya.

Selain itu, untuk asam urat yang mempengaruhi ginjal, tepuk tangan terbukti sangat berguna, Baik tingkat keparahan asam urat maupun perkembangan penyakit dapat dihentikan. Namun perlu diperhatikan, untuk hasil yang lebih baik, tepuk tangan harus dilakukan setelah mengoleskan minyak, seperti minyak mustard atau minyak kelapa.

The post Puskesmas Panji Ajak Masyarakat Tepuk Tangan 56 Detik dan Paparkan Manfaatnya di HKN ke-56 appeared first on BeritaNasional.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *