pabrik obat Pfizer

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengungkapkan pemerintah terbuka untuk bekerja sama dalam pengadaan vaksin Covid-19 dengan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer dan mitra mereka dari Jerman, BioNTech. Sebelumnya, Pfizer menyatakan bahwa vaksin buatan mereka 90% efektif menangkal virus corona.

“Tidak menutup kemungkinan, tapi juga ada persoalan teknis yang dari sisi perlakuan terhadap vaksin itu, ” kata Moeldoko di kantornya di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya diberitakan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech diklaim dapat mencegah infeksi Covid-19 hingga 90%. Bagaimanapun, vaksin Pfizer dan BioNTech masih harus dikaji oleh kelompok pakar independen dan disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di Indonesia, belum ada temuan seberapa ampuh vaksin Sinovac dan Sinopharm yang dipesan dari perusahaan asal Tiongkok. Sedangkan, uji klinis dijadwalkan selesai pada April 2021.

Dibanding vaksin buatan Tiongkok, ada pekerjaan besar untuk mendistribusikan vaksin Pfizer dan BioNTech di Tanah Air. Sebab, vaksin dengan basis RNA (ribonucleic acid) tersebut harus disimpan pada suhu minus 70 …

Selengkapnya : Vaksin Pfizer Efektif, Pemerintah Buka Peluang Kerja Sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *