Foto: DetikInet

Teknologi.id – Berbisnis kini bisa dilakukan di platform apapun. Mulai dari marketplace, sosial media, hingga platform tukar pesan seperti WhatsApp.

WhatsApp yang dikenal sebagai platform tukar pesan telah menambah fitur baru di dalam aplikasinya. Fitur tersebut ialah tombol katalog di chat room.

Fitur baru ini tersedia untuk WhatsApp Business. WhatsApp Business sama seperti WhatsApp biasa, namun yang berbeda adalah WhatsApp Business ditujukan untuk para pengguna yang membuka bisnisnya di WhatsApp.

Selain itu, perbedaan WhatsApp dengan WhatsApp Business adalah WhatsApp Business menyajikan fitur balas pesan otomatis seperti away message, greeting message, dan quick message untuk memudahkan penjual berkomunikasi dengan pembeli.

Baca Juga: WhatsApp Pay Kini Hadir di India, Bisa untuk Transfer Uang

Para pengguna bisa berbelanja dengan mengontak akun WhatsApp Business si penjual, lalu pengguna bisa melihat katalog belanja yang disediakan. Lewat katalog ini, pembeli bisa melihat barang apa saja yang dijual di akun WhatsApp Business tersebut.

Ikon katalog berada di sisi kanan atas chat room, tepatnya di sebelah ikon telepon dan menu. Saat ditekan, pengguna akan diperlihatkan daftar barang yang dijual di akun tersebut, dan dapat meneruskan transaksi dengan si penjual.

Sebelumnya, pengguna harus membuka kontak akun penjual. Dengan adanya fitur katalog ini tentu akan memudahkan pengguna untuk melihat-lihat barang apa saja yang ditawarkan.

WhatsApp di bulan September lalu sudah menambahkan fitur baru ini untuk Android dan iOS dalam versi beta. Kabar baiknya lagi, fitur ini sudah dirilis secara global, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Cara Pakai Fitur Baru WhatsApp untuk Menghemat Memori HP

WhatsApp mengklaim lebih dari 17,5 juta penggunanya mengirim pesan ke akun WhatsApp Business setiap hari. Selain itu, lebih dari empat juta orang melihat katalog belanja yang disediakan di aplikasi setiap bulannya.

Hadirnya fitur katalog belanja ini merupakan salah satu langkah WhatsApp untuk mengembangkan aplikasinya. WhatsApp ingin menjadikan aplikasinya tidak hanya sebagai aplikasi tukar pesan, namun juga menjadi aplikasi e-commerce.

Para pengguna WhatsApp Indonesia bisa memperbarui WhatsAppnya di Play Store atau App Store, jika fitur katalog belanja belum tersedia di ponsel kalian.

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *