Kehadiran PlayStation 5, konsol terbaru dan ditunggu-tunggu, membuat banyak orang bertanya mengenai nasib PlayStation 4. Bisa dibilang, PlayStation 4 juga hebat pada masanya dan game yang tersedia juga tak kalah kualitasnya. Untungnya, PS4 ini masih akan mendapatkan dukungan hingga tiga tahun ke depan, berdasarkan keterangan dari bos Sony.

Baca Juga: Xbox Ucapkan Selamat Atas Peluncuran PS5

Hideaki Nishino, selaku Vice President dari Sony Interactive Entertainment, memastikan periode transisi PS4 ke PS5 butuh waktu kira-kira tiga tahun ke depan, dalam wawancaranya dengan AV Watch dari Tweak Town.

Sony akan merilis game eksklusif dengan tipe cross-gen, yakni game baru untuk PS5 yang bisa dimainkan pada konsol PS4. Hal tersebut dilakukan Sony selama periode transisi berlangsung, sekaligus dalam upaya mengalihkan pengguna PS4 ke PS5 dengan mulus dan tidak membuat mereka beralih ke konsol lain.

“Dari segi kompatibilitas, penting untuk memindahkan game PS4 ke PS5, tapi saya menekankan bahwa forward compatibility (menyediakan game PS5 yang sama ke PS4) juga penting,” ucap Nishino.

“Asumsi saat ini adalah transisi dari PS4 ke PS5 akan memakan waktu sekitar tiga tahun. Sementara itu, bagaimana saya bisa tetap membeli game di PS4? Apakah game yang dibeli bisa dimainkan di PS5? Itu penting,” tambahnya.

Sony sudah memulai rencana ini kepada game terbaru untuk PS4 dan PS5, yakni game Spider Man: Miles Morales dan Horizon: Forbidden West.

Baca Juga: Microsoft dan Bojangles Adakan Giveaway Xbox Series X

Kebijakan masa transisi dan game cross-gen ini mirip yang dilakukan oleh Microsoft, perusahaan konsol Xbox sebagai pesaing PS. Sebelumnya, Microsoft juga mengatakan bahwa mereka akan merilis game yang bisa digunakan untuk Xbox seri lama dan seri terbaru mereka, dan tak akan merilis game eksklusif sampai satu atau dua tahun setelah seri terbaru mereka rilis.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *