Instagram akhirnya membuat perubahan besar pada desain homescreen aplikasinya setelah beberapa tahun tidak mendapat pembaruan.

Hari ini, perusahaan mengumumkan bahwa mereka menambahkan tab Reel dan Shop ke homescreen. Tab Reels tentu saja akan terhubung dengan Reel, sebuah fitur video pendek yang mirip dengan TikTok.

Tab Shop akan menampilkan rekomendasi yang sudah diatur untuk tiap pengguna, produk pilihan editor, video barang-barang yang bisa dibeli, dan koleksi produk baru dari toko pilihan.

Baca juga: Mulai Tahun Depan, Upload Google Photos Tak Lagi Gratis

Kedua tab tersebut akan memudahkan pengguna untuk mencari apa yang diinginkan pengguna dan bisa langsung membukanya.

Tab Like dan tab Create untuk mengunggah foto baru pindah ke pojok kanan atas, disebelah tab DM.

“Perubahan ini bukanlah hal enteng bagi kami. Beranda Instagram belum pernah diperbarui secara besar-besaran dalam beberapa waktu,” kata kepala Instagram, Adam Mosseri dalam postingan blognya.

Baca juga: TikTok Lakukan Uji Coba Fitur Galang Dana

“Risiko terbesar yang kami alami adalah karena sudah terlalu lama tidak ada perubahan pada Instagram sehingga menjadi tidak relevan. Kami sangat antusias menyambut desain barunya dan yakin perubahan ini memberikan udara baru yang sangat dibutuhkan dengan tetap berpegang pada nilai-nilai kesederhanaan kami,”

Instagram sepertinya lebih menyukai fitur ini karena lebih mendahulukan pembuatan tab Reels daripada IGTV. Hal ini berarti fitur Reels akan tetap hadir di Instagram.

Penambahan tab Shop tidak mengejutkan karena layanan tersebut memang sudah dikembangkan dalam beberapa tahun  belakangan dan pada musim panas ini, Instagram meluncurkan halaman khusus untuk belanja dan menggunakan Facebook Pay sebagai metode pembayaran.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *