Beberapa waktu belakangan ini, banyak dari kalangan netizen yang kerap membanjiri kolom komentar suatu unggahan dengan tulisan yang rata-rata sama persis, yaitu “mending rakit PC”.

Selain komentar-komentar dalam unggahan, banyak juga meme yang bertebaran dengan berisikan tulisan “mending rakit PC”. Para netizen yang tidak mengerti konteks dari komentar tersebut tentunya akan merasa kebingungan.

Lantas, apa sih sebenarnya maksud dari kalimat ini dan kenapa bisa mendadak viral begitu?

Linus搬家了!第六天@官方双语#Linus土豪- AcFun弹幕视频网- 认真你就输啦(?ω?)ノ- ( ゜- ゜)つロ
Foto: LinusTech

Baca juga: Tips Mengecek Review Palsu dari Toko Online

Nah, jika ditelusuri awal mulanya, viralnya kemunculan komentar “mending rakit PC” tersebut merupakan sebuah sindiran atas fenomena di tengah masyarakat yang sebenarnya sudah lama terjadi.

Kalimat tersebut seringkali dilontarkan sebagai jawaban atas pertanyaan dari orang yang meminta rekomendasi produk laptop dengan harga sekian Rupiah.

Orang yang ditanyai bukannya memberikan jawaban rekomendasi produk laptop, malah berkomentar “mending rakit PC”.

Mereka seakan membandingkan, dengan budget sekian juta Rupiah, daripada digunakan membeli laptop, lebih baik untuk merakit PC.

Mereka beranggapan, bahwa merakit PC dengan budget tersebut akan mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi daripada untuk dibelikan laptop.

Laptop atau PC (komputer): pro dan kontra | TeraNews.net
Foto: oLx

Baca juga: Cek Data Kamu Bocor Kemana Aja Pakai Website Ini

Fenomena tanya jawab seperti ini seringkali terjadi, baik di dunia nyata atau pun di forum-forum internet.

Mengapa lantas menjadi bentuk sindiran?

Hal itu dikarenakan, jawaban “mending rakit PC” terkadang tidak sesuai dengan kondisi pertanyaan yang dilontarkan oleh orang yang bertanya.

Bisa jadi orang yang bertanya tersebut ingin membeli laptop untuk digunakan sekolah, kuliah, atau kerja, yang membutuhkan perangkat komputasi dalam mobilitas tinggi, alias mudah dibawa kemana-mana.

Tentunya jawaban “mending rakit PC” tidak sesuai dengan kondisi tersebut, karena perangkat PC tidak didesain untuk mudah dibawa kemana-mana.

Pertanyaan dan jawaban yang tidak sinkron itulah yang kemudian memunculkan sindiran hingga akhirnya membuatnya viral dan bertebaran di media sosial beberapa waktu belakangan ini.

Netizen pun mulai menggunakannya untuk mengomentari unggahan-unggahan yang bernada pertanyaan atau membandingkan sesuatu, meskipun pertanyaan dan jawabannya tidaklah sinkron.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *