Foto: Google

Teknologi.id – Pihak YouTube telah mengklarifikasi bahwa mereka membatalkan video tahunan YouTube Rewind tahun ini, dilansir dari CNet, Kamis (12/11/2020). YouTube memutuskan untuk beristirahat dari pembuatan video yang sangat diantisipasi dan ditonton oleh banyak orang itu.

Tahun ini akan menandai peringatan 10 tahun YouTube Rewind, tetapi platform video dari Google itu mengatakan akan berhenti di tahun 2020. Klip video YouTube Rewind merangkum tren yang terjadi setiap tahunnya, serta dibanjiri oleh berbagai cameo dari berbagai kalangan artis, YouTuber, dan influencer terkenal di dunia.

YouTube Rewind secara rutin menarik ratusan juta penayangan di layanan video masif Google tersebut. Rewind 2018, misalnya, hingga saat ini telah ditonton sebanyak 208 juta kali. Edisi tahun itu juga memiliki diakui sebagai video yang paling tidak disukai. Bahkan CEO YouTube, Susan Wojcicki, menyebutnya Rewind pada tahun itu “cringey.”

Baca Juga: Google Berikan Stadia Gratis untuk Pelanggan YouTube Premium

“Rewind selalu menjadi perayaan kita semua,” kata YouTube dalam pernyataan publik di media sosial.

“Tapi tahun 2020 berbeda. Dan rasanya tidak tepat untuk dilanjutkan, seakan-akan benar tidak dilanjutkan. Jadi, kami mengambil jeda dari Rewind tahun ini.”

Foto: Twitter

Pengumuman tersebut menempatkan YouTube Rewind di posisi yang sama dengan calon blockbuster Hollywood dan acara olahraga terkenal lain, dimana acara-acara itu biasanya menarik banyak penonton. Pokok-pokok hiburan ini terganggu karena adanya penyebaran COVID-19 yang tidak kunjung usai.

YouTube, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna bulanan, memfokuskan pengumumannya pada kelayakan memproduksi dan merilis Rewind dalam tahun ketika tidak ada yang normal. Namun, syuting Rewind tahun ini akan membuat klip video menjadi pekerjaan yang lebih rumit dan mahal dari biasanya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Pendek Indonesia di YouTube

Rewind biasanya menyertakan proses penyuntingan cepat, disertai dengan keikutsertaan para bintang YouTuber. Di masa lalu, YouTube telah mengkoordinasikan beberapa pengambilan gambar di seluruh dunia, membawa para YouTuber dan rombongan mereka ke beberapa studio selama berhari-hari untuk merekam semua cuplikan.

Klip tersebut pada akhirnya membentuk video tahunan berdurasi lima hingga delapan menit. Tetapi, membuat ulang format itu sambil mengamati protokol keamanan COVID-19 akan menjadi pekerjaan yang sangat besar dan mahal.

Masih belum pasti

YouTube tidak mengatakan apakah Rewind akan kembali pada tahun 2021. Sama seperti saat ini, membayangkan semuanya tergantung pada apa yang akan terjadi di masa depan. 

Pada tahun 2019, Rewind menghormati pencipta dan video pemecah rekor platform dalam kecantikan, musik, tarian, dan banyak lagi.

Sedangkan di tahun 2018, YouTube mengubah ringkasan akhir tahun mereka menjadi film pendek lengkap, dengan cameo dari Will Smith dan pembuat konten populer seperti Liza Koshy, Try Guys, Marshmello, dan lainnya.


(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *