Jepang termasuk ke dalam salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat di dunia. Negara Sakura tersebut memanfaatkan penggunaan robot sebagai upaya untuk terus mengingatkan masyarakatnya tentang penggunaan masker dan social distancing. Salah satu toko di Osaka, Jepang bahkan menggunakan robot ini untuk menjadi bagian dari staf toko. Robot ini bertugas untuk memastikan bahwa setiap pelanggan yang datang mengenakan masker dan menjaga jarak aman.

Robot ini diberi nama Robovie dan dikembangkan oleh firma robotik terkemuka, Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR). Selain memastikan pelanggan menerapkan protokol kesehatan, Robovie juga bertugas untuk memberikan panduan serta arahan kepada pengunjung toko merchandise dan memorabilia resmi klub sepak bola yang berbasis di Osaka, Cerezo Osaka.

Baca Juga : Ilmuwan Sebut Covid-19 Ada di Eropa Lebih Dulu Sebelum Cina

Robovie menggunakan kamera canggih yang dikombinasikan dengan teknologi sinar laser 3D dan Artificial Intelligence (AI) untuk memandu pengoperasiannya. Kombinasi teknologi tersebut membuat Robovie mampu memperingatkan pelanggan segera setelah ia berhasil mendeteksi bahwa mereka tidak memakai masker atau tidak melakukan jaga jarak.

Penerapan Robovie memberikan tanggapan inovatif terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 dan salah satu upaya bagaimana perusahaan teknologi memberikan solusi untuk masalah kemanusiaan ini. Robot tersebut diketahui telah diuji cobakan di toko tersebut hingga sebulan lamanya.

Hingga saat ini, Jepang memiliki lebih dari 120.000 kasus COVID-19 yang dilaporkan dengan jumlah angka kematian sekitar 2.000 kasus. Jepang sendiri dianggap mampu menangani pandemi secara lebih baik daripada banyak negara. Kepatuhan terhadap protokol pencegahan seperti penggunaan masker, jarak fisik, dan praktik higienis selalu diingatkan kembali kepada masyarakatnya terutama yang berada di tempat umum.

Selain di toko, robot telah memainkan peran penting di berbagai pusat isolasi dan rumah sakit dalam memberikan solusi yang aman untuk situasi yang sangat berisiko dan berbahaya bagi manusia. Robot di Jepang juga digunakan sebagai pemandu sorak seperti yang terlihat pada bulan Juni lalu saat pertandingan bisbol di mana Fukuoka SoftBank Hawk menjadi tuan rumah Rakuten Eagles.

Baca Juga : Siap Produksi, Vaksin COVID-19 Moderna Diklaim Efektif 94,5%

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *