Selama bertahun-tahun, perusahaan teknologi menggunakan cara yang sulit dan mahal untuk mewarnai foto-foto jadul yang berwarna hitam putih.

Namun, sekarang kecerdasan buatan (artificial intelligence) berhasil menyederhanakan proses ini untuk pengguna awam, memungkinkan setiap orang menambahkan warna pada foto-foto hitam putih jadul dalam hitungan detik.

Berikut Teknologi.id rangkum 6 situs terbaik untuk mengubah foto hitam-putihmu jadi foto berwarna. Jangan khawatir, aplikasi-aplikasi ini gratis.

Baca juga: Chip Microsoft Pluton, Keamanan untuk Komputer Masa Depan

1. DeOldify

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

Software open source ini bersifat gratis (tentunya) dan menggunakan teknik AI yang disebut Generative Adversarial Networks yang membantu ‘mengajarkan’ gambar pertama untuk menghasilkan gambar dengan warna terbaik. Aplikasi ini adalah salah satu alat pewarna dengan hasil terbaik, namun sedikit sulit untuk mendapatkan akses penuh ke aplikasinya. Aplikasi versi penuhnya hanya tersedia di Ubuntu, salah satu distribusi Linux paling populer. Aplikasi ini juga tersedia versi webnya, namun situs ini akan memperkecil foto sampai maksimal 800 pixel. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan Google Colab, layanan online yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan kode aplikasinya yang dibuat dengan menggunakan bahasa Python. Aplikasi ini memang sedikit rumit karena diperlukan ilmu untuk menjalankan Linux atau menjalankan kode-nya secara manual. Di halaman Github, pengembang sudah memasukkan video tutorial yang bisa diikuti langkah demi langkah. Beberapa pengembang lain memasukkan DeOldify ke dalam aplikasi lain dengan antarmuka yang lebih sederhana.

2. MyHeritage In Color

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

MyHeritage merupakan turunan dari DeOldify yang disempurnakan sebagai bagian dari paket langganan seharga USD 199 per tahun. Perusahaan membuat lisensi dari teknologi dari Antic. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak silsilah keluarga. Meskipun terbatas, aplikasi ini bisa digunakan untuk mewarnai foto secara gratis, maksimal sampai 10 foto.

Baca juga: Benarkah HP dengan Baterai Besar Sudah Pasti Tahan Lama?

3. Image Colorizer Android | iOS

Aplikasi ini menjadi pilihan terbaik jika ingin kualitas yang setara dengan DeOldify dengan antarmuka yang sederhana dengan harga yang lebih murah. Image Colorizer tersedia sebagai layanan cloud dan aplikasi gratis yang bisa diakses di Android dan iOS.  Pengembang juga menawarkan Picture Colorizer, aplikasi Windows yang memiliki fungsi pewarnaan foto, penghapusan garis-garis pada foto, dan fungsi lainnya. Pengembang juga membuat versi Beta yang akan dirilis untuk MacOS. Layanan yang berbasis cloud bisa digunakan dengan langsung menyeret foto ke situs dan bisa digunakan untuk foto dengan resolusi maksimum 3000×3000 piksel.

4. ColorSurprise AI Pixbim

Foto: W24

Software ini berbasis desktop dan mudah digunakan. Dengan menggabungkan pewarnaan berbasis AI dengan fungsi pemrosesan gambar yang memungkinkan pengguna menyesuaikan suhu warna foto, intensitas,kontras, sampai gamma. Software ini juga menyediakan alat kuas untuk memperbaiki area yang warnanya salah. ColorSurprise tersedia untuk MacOS dan Windows dengan harga USD 79,99, namun ada juga versi uji coba gratis yang meninggalkan tanda watermark pada gambar yang disimpan.

Baca juga: Challenger, Pesawat yang Meledak 73 Detik Setelah Peluncuran

5. Algorithmia Image Colorization

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

Layanan ini dibuat oleh vendor AI Algorithmia berdasarkan proyek Colorful Image Colorization dari peneliti Richard Zhang, Phillip Isola, dan Alexei Efros. Perangkat lunak ini kurang akurat pada beberapa gambar dan pengembang juga sudah menyebutkan kekurangan ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini karena gratis dan bisa diakses dengan mudah pada laman Github para pengembang.

6. Movavi Photo Editor Windows | Mac

Foto: W24

Aplikasi ini termasuk alat pewarnaan tingkat dasar yang menghasilkan pewarnaan foto yang tidak sebaik aplikasi lain. Pada beberapa foto, beberapa bagian tetap berwarna abu-abu dan beberapa foto lain menghasilkan warna kulit subjek yang berubah warna. Selain fitur pewarnaan, Movavi Photo Editor menawarkan sejumlah fitur pengeditan gambar lainnya, termasuk pengurangan noise, penghapusan latar belakang, penghalusan kulit, dan banyak filter efek khusus.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *