Google baru saja memperkenalkan salah satu fitur terbarunya untuk Google Assistant. Berbeda dari fitur sebelumnya, fitur ini difokuskan pada hubungan keluarga atau kerabat. Fitur bertemakan keluarga baru tersebut terdiri dari beberapa fitur-fitur kecil di dalamnya; yang pertama adalah Family Notes. Pengguna akan dapat menambahkan catatan atau notes (pengingat atau tugas) ke layar utama untuk dilihat semua anggota keluarga. Family Notes ini bisa saja diartikan sebagai widget pengingat.

Google juga telah menambahkan lonceng dan efek suara baru untuk fitur Family Bell. Fitur ini memungkinkan penyiaran alarm khusus seperti waktu tidur, waktu sarapan, dan waktu film pada perangkat rumah pintar yang berbeda. Bersamaan dengan bunyi lonceng, speaker dan layar pintar akan menginformasikan kepada anggota keluarga tentang apa alarm itu (contoh waktunya sarapan, waktunya tidur, dll). 

Baca Juga : Chip Microsoft Pluton, Keamanan untuk Komputer Masa Depan

Foto : The Verge

Fitur menarik lainnya yang telah ditambahkan ke Google Assistant adalah kemampuan untuk menanyakan keberadaan anggota keluarga. Yang perlu Anda katakan hanyalah “Hai Google, di mana keluargaku?” atau “Hai Google, di mana ibu/ayah (nama anggota keluarga tertentu)?” dan asisten akan menampilkan lokasi terakhir yang diketahui dari semua anggota atau orang tertentu di Google Maps. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki akun keluarga Google dan berusia di atas 13 tahun. Berbagi lokasi juga harus diaktifkan di Maps untuk menggunakan fitur ini.

Fitur lain yang ditambahkan Google termasuk fitur pendidikan baru seperti cerita interaktif. Pengguna dapat mengucapkan “Hai Google, ceritakan kisah” dan kisah interaktif akan muncul di layar pintar. Menariknya, Google juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan keluarga. Hanya dengan mengucapkan, “Hai Google, apa yang bisa aku pelajari dengan keluargaku?” dan Google akan memberikan semacam game/quiz berupa aktivitas keluarga yang harus diselesaikan bersama.

Google juga mengatakan telah mempermudah penyiapan layanan Family Link di ponsel Android anak-anak, sehingga orang tua dapat membuat filter konten dan membatasi waktu layar. Family Link dapat diunduh gratis di Google Play dan App Store. Sejauh ini, tidak ada informasi mengenai tanggal spesifik untuk pembaruan Google Assistant, tetapi Google mengatakan bahwa fitur keluarga tersebut akan tiba pada akhir tahun ini.

Baca Juga : Teknologi Baru Epic Bisa Memasukkan Ekspresi Wajah di Game

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *