Foto: eFishery

BerIkan untuk Indonesia (Beri Ikan untuk Indonesia) adalah sebuah aksi sosial yang diinisiasi oleh eFishery bekerja sama dengan WeCareId, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Belibu Fresh Mart, dan Shafira Foundation.

Gerakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan paket bahan makanan berprotein tinggi berupa ikan segar yang diambil langsung dari pembudidaya. Sebanyak 30 ton ikan akan didistribusikan ke lebih dari 10.000 orang tenaga kesehatan dan masyarakat lainnya yang terdampak Covid-19 di wilayah Bandung, Cimahi, dan Jakarta.

Program BerIkan Untuk Indonesia (Beri Ikan untuk Indonesia) digagas usaha rintisan “eFishery” bekerja sama dengan lembaga sosial seperti Aksi Cepat Tanggap ACT) memberikan bantuan paket nutrisi ikan kepada pesantren di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (FOTO ANTARA/HO-eFishery/Andi J/2020)

Pandemi ini secara signifikan membuat perekonomian Indonesia mengalami pukulan dan mengguncang sektor UMKM, termasuk sektor perikanan budidaya. Sejak awal pandemi, permintaan ikan mengalami penurunan yang cukup drastis.

Hal ini disebabkan antara lain oleh permintaan pasar yang turun dan perusahaan pengolah ikan dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya yang masih lesu karena pasar horeka (hotel, restoran, dan kafe) juga menurun. Selain itu, akses untuk berpindah ke pasar retail maupun online masih belum maksimal.

Melalui program BerIkan untuk Indonesia, sebanyak 30 ton komoditas ikan dari hasil panen para pembudidaya Indonesia telah diserap untuk kemudian diproses menjadi produk beku demi menambah nilai jual dan memperpanjang masa konsumsi.

Dengan demikian, hasil panen dapat disimpan lebih lama sehingga mengurangi risiko terbuangnya hasil panen. Ikan yang yang telah dibekukan ini kemudian diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi, khususnya tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Meskipun gerakan ini berawal dari kegiatan yang menanggapi kondisi sosial di masa pandemi, BerIkan untuk Indonesia diharapkan dapat terus terlaksana secara berkelanjutan demi membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *