Baru-baru ini Twitter resmi merilis fitur Fleets secara global. Fleets merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah foto atau video pendek mirip Instagram Stories.

Fitur Fleets tersedia di Twitter versi terbaru. Untuk bisa menjajalnya pengguna harus meng-update aplikasi Twitter di PlayStore atau App Store ke versi 8.71.0.

Cara Pakai Fleets Twitter

Setelah pengguna memperbarui aplikasi Twitter di PlayStore atau App Store, Fleets akan muncul pada bagian atas layar. Tampilannya mirip Instagram Stories, di mana sisi paling kiri adalah ikon “tambah” (+) untuk membuat unggahan Fleet baru.

Foto: Twitter

Sementara sisi kanan adalah unggahan dari akun-akun yang diikuti dan akun mutual (saling mengikuti). Seperti Instagram Stories pula, pengguna cukup melakukan “tap” untuk melihat Fleets pengguna lain.

Baca juga: Cara Melihat Tweets Lama di Twitter

Jika ingin membuat Fleets, cukup ketuk ikon (+) di sisi paling kiri. Lalu akan muncul empat opsi untuk mengkreasikan Fleets yakni dengan Text, Gallery, Capture, dan Video. 

Pengguna bisa mengunggah foto atau video yang diambil langsung atau disimpan di galeri ponsel. Dikarenakan masih baru, belum ada stiker, GIF, maupun filter penunjang estetika foto atau video seperti Instagram Stories.

Saat ini hanya ada pilihan untuk mengganti latar belakang foto saja. Foto bisa dihiasi dengan teks yang bisa diatur tata letak paragrafnya, warna huruf, bold, maupun background teks dan juga mention ke akun lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Setelah selesai membuat konten, unggah Fleet dengan mengetuk “selesai”. Mudah bukan?

Selain itu, pengguna juga bisa menanggapi Fleets orang lain dengan memberikan emoji, like, atau membalas dengan cara mengetuk Fleet dua kali. Kemudian pengguna akan diarahkan ke pesan langsung (Direct Message) untuk membuat percakapan di sana.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *