Teknologi AI memang berkembang dengan sangat mengagumkan. Mulai dari pendeteksi wajah, chatbot otomatis, sampai membuat wajah palsu.

Meskipun terlihat sempurna, beberapa kesalahan bisa ditemukan pada foto-foto palsu buatan AI karena bagaimana pun juga, semua teknologi tersebut merupakan ciptaan manusia.

Berikut beberapa kesalahan yang masih banyak ditemukan pada mesin AI pembuat foto manusia yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan foto asli dengan foto palsu buatan AI.

1. Aksesoris bisa menimbulkan masalah

Foto: generated.photos

Aksesoris, misalnya seperti anting akan terlihat mirip, namun jika diperhatikan, pasangan yang satu dengan yang lain tidak selalu sama persis, dengan bentuk yang cukup aneh, biasanya warnanya seperti menyatu dengan bagian latar belakang. Salah satu aksesoris yang paling umum digunakan adalah kacamata. Biasanya, foto buatan AI memiliki bingkai tipis dengan bagian ujung yang tidak sama.

Baca juga: Google Lakukan Uji Coba AI untuk Orang Berpenglihatan Kurang

2. GAN bisanya dilatih pada foto yang sudah diatur sedemikian rupa

Foto: generated.photos

Ketika manusia pada umumnya tidak memiliki bentuk wajah yang simetris, foto wajah buatan AI memiliki fitur wajah yang sangat simetris, misalnya jarak antar mata yang sama dari bagian tengah. Pada beberapa foto lain, sistem akan mencoba untuk membuat fitur yang tidak simetris, hasilnya adalah fitur wajah yang sangat berbeda antara yang satu dengan yang lain.

3. Ada benda yang muncul secara aneh pada foto

Foto: generated.photos

Meskipun dibutuhkan kejelian untuk melihat hal yang dimaksud, ketika menemukannya, fokus akan langsung berada disekitar keanehan pada foto buatan AI tersebut.

Baca juga: Bug Menyebabkan Fleets Twitter Bisa Dilihat Setelah 24 jam

4. Latar belakang dibuat abstrak atau blur

Foto: generated.photos

Salah satu cara paling mudah menentukan apakah sebuah foto palsu adalah dengan mengecek latar belakangnya yang biasanya dibuat buram atau abstrak sehingga fokus hanya pada objek foto.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *