Foto: The Verge

Teknologi.id – Waze akhirnya hadir di dasbor multilayar terbaru Apple, CarPlay (24/11/2020). Ini mungkin merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi penggemar aplikasi navigasi milik Google. Mereka telah menunggu lebih dari setahun agar dapat bekerja dengan versi CarPlay yang jauh lebih baik dan ditingkatkan.

Baca juga: Waze Rilis Fitur untuk Beri Peringatan Saat Dekati Rel KA

Seorang keterangan rahasia yang sedang menguji beta fitur baru ini, menunjukkan gambar Waze yang beroperasi di fungsi ‘Split View‘ baru CarPlay. Apple meluncurkan dasbor baru sebagai bagian dari pembaruan perangkat lunak iOS 13 tahun lalu, tetapi terbatas hanya berfungsi dengan Apple Maps pada saat itu.

Sebelumnya, CarPlay memerlukan pemantulan di antara layar yang berbeda untuk melihat nama trek sambil mendapatkan petunjuk arah ke tujuan. Dengan ‘Split View’, Anda dapat melihat peta, apa yang sedang diputar di stereo mobil, dan panduan berikutnya ke tujuan Anda, semuanya di satu tempat.

Apple merilis iOS 13.4 awal tahun ini, yang memperkenalkan pilihan bagi perusahaan pihak ketiga untuk menambahkan dukungan mode dasbor pada aplikasi pemetaan mereka sendiri. Google membutuhkan waktu hingga Agustus 2020 untuk menerapkan dukungan untuk Google Maps.

Baca juga: Pilih Maps atau Waze? Berikut Perbedaannya

Waze (yang juga dimiliki oleh Google) akan segera menyusul. Akan tetapi, juru bicara Waze tidak akan mengonfirmasi pengujian beta. Jadi saat ini belum pasti kapan perusahaan navigasi itu berencana untuk mengumumkan peluncuran secara resmi.

“Kami sebenarnya tidak memiliki apapun untuk dibagikan sekarang. Kami pasti akan terus mengabari jika / ketika kami melakukannya, ” terang juru bicara Waze.

Waze memiliki 140 juta pengguna aktif bulanan yang berkendara lebih dari 24 miliar mil (40 miliar kilometer) setiap bulan. Perusahaan ini didirikan di Israel pada 2008 dan kemudian diakuisisi oleh Google pada 2013.

Beta ini juga menampilkan dukungan pertama untuk panduan jalur di Waze untuk iOS, kata keterangan rahasia. Fitur praktis ini merekomendasikan jalur mana yang Anda harus masuki ketika Anda memasuki atau keluar dari jalan bebas hambatan.

Hal ini membantu saat menavigasi persimpangan yang rumit atau penggabungan jalan raya. Keterangan rahasia menjelaskan kemampuan untuk menggunakan Waze di dasbor layar terbagi baru CarPlay sebagai “sangat mulus” dan “pengubah permainan”.

CEO Waze akan mengundurkan diri

Seperti banyak perusahaan lainnya, Waze telah terpengaruh oleh pandemi COVID-19, yang telah mengosongkan jalan raya di seluruh dunia dan menyebabkan banyak kota mengalami lockdown. Karena bekerja dari rumah menjadi norma baru, semakin sedikit orang yang menggunakan Waze untuk kebutuhan navigasi harian mereka.

Pendapatan iklan yang didapat lebih sedikit untuk perusahaan, yang menyebabkan Waze merumahkan 5 persen tenaga kerja globalnya, atau sekitar 30 orang, pada bulan September. Baru-baru ini, CEO Waze Noam Bardin, mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri pada awal 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *