Perbedaan utama antara hosting dan server adalah bahwa hosting adalah komputer atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan sedangkan server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang menyediakan layanan ke program atau perangkat lain di jaringan. Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat komputasi yang terhubung bersama untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya.

Hosting dan server adalah dua istilah dalam jaringan komputer. Hosting adalah perangkat yang terhubung ke jaringan yang sering juga disebut node. Bisa berupa perangkat seperti komputer desktop, laptop dll. Di sisi lain, server menyediakan berbagai fasilitas untuk perangkat lain di jaringan. Misalnya, server file menyimpan dan mengelola file di jaringan.

Ditambah lagi, kedua hal ini akan juga berdampak pada kebutuhan website dan aplikasi yang semakin berkembang. Menggunakan server VPS akan jauh lebih baik mengingat kebutuhan akan website dan aplikasi yang berkembang tadi tentunya membutuhkan wadah tersendiri. Oleh karena itu, banyak bisnis dan startup kini berpaling pada penggunaan server terutama server VPS murah namun dengan kualitas yang baik.

Perbedaan Hosting dan Server VPS

Berikut perbedaan antara hosting dan server dengan pemahaman garis besar yang mudah dipahami :

  • Definisi

    Hosting adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan sedangkan server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang menyediakan layanan untuk program atau perangkat lain di jaringan.

  • Kegunaan

    Sebuah hosting berbagi dan menggunakan sumber daya sementara server berbagi sumber daya dan menyediakan layanan.

  • Metode Koneksi
    Sebuah hosting dapat terhubung ke perangkat lain menggunakan Internet sedangkan server dapat terhubung ke perangkat lain menggunakan Local Area Network (LAN) atau Internet.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Upgrade Hosting ke Server VPS

Paket Server VPS Terbaik dari IDCloudHost

IDCloudHost datang dengan menawarkan server VPS murah Indonesia dengan performa dan teknologi multifungsi yang dapat diinstall di semua sistem pperasi. Dengan berlangganan , Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk kebutuhan server website dan aplikasi Anda.

Adapun opsi paket yang bisa Anda pilih adalah :

  • VPS PRO Indonesia

    VPS Pro Indonesia didukung dengan Teknologi HPE Nimble Storage Adaptive Flash Arrays terbaru dengan waktu akses 100 kali lebih cepat dan kecepatan I/O yang lebih tinggi dibandingkan VPS SSD dan tingkat kegagalan yang rendah dengan jaminan Uptime 99.99% untuk kebutuhan Website dan Aplikasi.

  • VPS SAS Indonesia

    VPS SAS Indonesia menawarkan kekuatan dan performa lebih jika suatu sistem berjalan pada trafik yang sangat tinggi. Teknologi ini tentunya sangat cocok untuk menjamin sistem Anda terus aktif dan aman dengan kekuatan 300% lebih cepat dibandingkan VPS biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *