Sekitar setengah jam yang lalu, akun Twitter resmi milik layanan streaming musik dan podcast Spotify menuliskan bahwa ada yang salah dengan aplikasinya tersebut.

Tweet tersebut pun ramai dikomentari oleh ribuan pengguna yang protes sebab layanannya turun selama hampir satu jam hari ini, setelah terjadinya pemadaman besar-besaran yang memengaruhi pengguna di negara-negara di seluruh Eropa dan nyaris seluruh dunia.

Layanan streaming musik ini berhenti berfungsi untuk sebagian besar penggunanya pada sekitar pukul 16:15 WIB, dan butuh waktu sekitar satu jam bagi Spotify untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca juga: Minat Dimakamkan di Bulan? NASA Pasang Tarif Rp 176,5 Juta

Penurunan server Spotify jarang terjadi, salah satu kasus terbesar yang paling anyar terjadi pada bulan Agustus lalu, setelah perusahaan lupa memperbarui sertifikat TLS-nya. Ketika layanan turun sekitar satu jam yang lalu, kali ini penyebabnya bukan karena sertifikat TLS.

Spotify juga pernah mengalami masalah pada awal tahun ini berkaitan dengan masalah Facebook iOS SDK.

Aplikasi tersebut sempat mogok di perangkat seluler karena bug Facebook iOS SDK, tetapi kasus hari ini tampaknya juga tidak terkait dengan masalah Facebook karena pelanggan yang menggunakan perangkat desktop dan ponsel sama-sama terkena masalah serupa.

Pada pukul 17:07 WIB, Spotify menuliskan bahwa layanannya sudah bisa digunakan kembali secara normal.

Meski begitu, beberapa pengguna masih mengeluhkan aplikasinya yang tiba-tiba melompati lagu setelah beberapa detik diputar. Pengguna lain juga mengeluhkan playlist yang sudah diunduhnya kini malah menghilang dan ketika diunduh ulang memakan waktu yang sangat lama.

Baca juga: Alami Kerugian, Disney Terpaksa PHK 32.000 Karyawan

Lewat cuitannya, Spotify menghimbau para penggunanya untuk menghubungi layanan pelanggannya lewat @SpotifyCares jika masih mengalami permasalahan.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *