Robot mirip manusia yang dapat menguji virus Corona dan memberi tahu pasien jika tidak memakai masker sedang diujicobakan di rumah sakit swasta di Kairo, Mesir.

Perawat mekanik yang dijuluki Cira-03 itu bisa mengukur suhu tubuh penderita Covid-19, melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram dan sinar-X, serta menampilkan hasil pengujiannya kepada pasien di layar yang terpasang di dadanya.

Foto: Oman Observer

Penciptanya adalah seorang insinyur Mesir bernama Mahmoud El Komy. Penemuannya ini diharapkan dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus.

Baca juga : YouTube Uji Penchapteran Video Otomatis dengan AI

“Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih manusiawi, sehingga pasien tidak takut. Jadi mereka tidak merasa ada kotak yang masuk ke dalamnya,” ujar El Komy, dilansir Reuters.

Foto: Reuters/ Mohamed Abd El Ghany

Cira-03 menguji pasien untuk virus Corona dengan menangkup dagunya, kemudian mengulurkan tangan dengan kapas ke mulut mereka.

“Ada respon positif dari pasien, mereka melihat robot dan tidak takut. Sebaliknya, ada kepercayaan yang lebih besar karena robot itu lebih tepat daripada manusia.” jelas El Komy.

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *