Untuk melatih anjing umumnya dibutuhkan pelatih manusia, tetapi bagaimana jika menggunakan mesin dan memberikan hasil yang lebih baik?

Itulah janji dari sebuah startup bernama Companion Labs yang telah meluncurkan mesin pelatihan anjing berbasis AI pertamanya hasil kerja samanya dengan San Francisco SPCA.

Pelatih anjing CompanionPro terlihat seperti pemanas ruangan yang diisi dengan sensor gambar, prosesor AI TPU Google Edge, konektivitas nirkabel, lampu, speaker, dan pemberi camilan ketika anjing peliharaan berhasil menuruti perintah pelatihnya.

Foto: Companion Labs

Computer vision adalah kunci utama untuk menggerakkan mesin, mendeteksi tingkah laku anjing secara real-time untuk menyesuaikan pemberian camilan untuk memperkuat perilaku yang diinginkan.

Baca juga: Resmi Rilis, Redmi Note 9 Pro 5G Dihargai Mulai Rp 3,5 Juta

Mesin ini masih perlu ditinjau lagi seberapa baik ia dapat mendekati pelatih manusia yang terampil, meskipun SF SPCA mengatakan akan segera merilis studi kasus peer-review tentang bagaimana mesin bekerja dengan satu anjing yang menderita kecemasan berlebih.

Companion menjanjikan mesin yang lebih unggul dalam melakukan tugas berulang dengan konsistensi sempurna dan tentunya memiliki kesabaran tanpa batas layaknya manusia.

Hal ini menunjukkan bahwa Companion memperhatikan penskalaan, tidak hanya pengulangan pelatihan, tetapi juga volumenya.

Baca juga: Microsoft Flight Simulator Rilis Pengembangan Roadmap

“Teknologi pendampingan memungkinkan untuk memanfaatkan waktu yang dihabiskan hewan sendirian di tempat penampungan untuk mengurangi stres dan mengajari anjing perilaku yang membuat mereka bisa diadopsi lebih cepat dan tinggal di rumah yang penuh kasih selamanya,” menurut postingan di blog resmi SF SPCA.

Meskipun mesin memiliki kemampuan memerintah lewat audio, mesin ini dapat memulai pelatihan tanpa mengatakan apa-apa dengan menggunakan penglihatan komputernya untuk mendeteksi ketika anjing tersebut melakukan sesuatu yang diinginkan dan meluncurkan camilan sebagai hadiah.

Companion berbasis di kantor SF SPCA dan didirikan oleh John Honchariw, seorang relawan penampungan yang juga memegang peran sebagai manajemen teknik di unit robotika dan AI Google.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *