Alto’s Odyssey dan pendahulunya Alto’s Adventure adalah game seluler yang terkenal karena memberikan efek meditatif dengan background yang indah dan musik yang menenangkan. 

Kini, kedua game tersebut hadir untuk konsol dan PC sejak bulan Agustus di PlayStation 4, Xbox One, dan Epic Games Store, dan yang terbaru adalah versi Nintendo Switch yang tiba pada 26 November 2020.

Kedua game Alto tersebut digabungkan menjadi satu game yang disebut The Alto Collection untuk konsol. Paket ini bisa didapatkan dengan harga USD 10, tetapi ada diskon sebanyak 25% selama masa pre-order peluncuran di Switch.

Baca juga: Makin Beken, Minecraft Capai 600 Juta Pemain Aktif

“Kembali ke tahun Februari 2015 ketika Alto’s Adventure pertama kali keluar, orang-orang menanyakan apakah game tersebut bisa dimainkan di platform lain,” kata Ryan Cash, produser eksekutif The Alto Collection.

“Kami tidak pernah merencanakan untuk merilis game ini di platform lain selain iPhone dan iPad saat pertama kali membuatnya,” tambahnya.

Tapi, begitu Alto menjadi salah satu game yang terkenal, tim pengembang memutuskan untuk memasukkan game Alto ke Android, Apple TV, dan Mac.

Game ini beradaptasi dengan baik ke Apple TV ketika Apple memperkenalkan aplikasi dan game ke platform tersebut pada tahun 2015.

Alto’s Adventure dengan mudah menjadi salah satu game terbaik di Apple TV karena grafik dan gameplay-nya cocok dimainkan di layar lebar dan game-nya bisa dimainkan dengan Siri Remote Apple dan pengontrol game seperti yang ada di SteelSeries.

Baca juga: Xbox Siapkan Opsi Aksesibilitas Bagi Penyandang Epilepsi

“Sepertinya telah ada pergeseran persepsi tentang perbedaan antara game seluler, game PC dan konsol,” kata Harry Nesbitt, lead artist sekaligus programmer kedua game Alto.

Game seluler berhasil melampaui pendapatan dari game PC dan konsol pada tahun 2016, dan terus berkembang. Namun, baik PC maupun konsol game terus menaikkan jumlah audiens mereka, dan tahun 2020 menjadi puncaknya, terlebih lagi dengan adanya lockdown akibat COVID-19dan rilisnya konsol buatan Sony yakni PS5 dan Microsoft Xbox Series X.

Alto yang terkenal dengan permainan meditatifnya bisa menjadi alternatif hiburan yang sehat bagi orang-orang yang mencari ketenangan pikiran selama pandemi global.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *