Mengamankan ponsel dengan fitur keamanan merupakan hal yang lazim diterapkan para pengguna ponsel. Di masa kini, banyak cara yang bisa digunakan untuk membuka kunci (unlock) ponsel. Mulai dari pemindai sidik jari (fingerprint scanner), buka kunci dengan pendeteksi wajah (face unlock), PIN, kata sandi (password), dan menggunakan pola (pattern) tertentu yang harus dirangkai pada halaman utama ponsel.

Baca Juga: Resmi Rilis, Redmi Note 9 Pro 5G Dihargai Mulai Rp 3,5 Juta

Nah, terdapat salah satu cara untuk unlock ponsel yang tidak umum, yaitu dengan voice unlock. Cara tersebut kabarnya akan diusung kembali oleh lini smartphone Samsung Galaxy S21.

Dilansir dari Gizmochina, Samsung kembali menghidupkan fitur tersebut setelah sebelumnya pernah digunakan pada beberapa ponsel lamanya dengan Bixby, tetapi  kemudian fitur ini dihilangkan. Kini, seri Galaxy S21 disebut akan memakai kembali fitur voice unlock ini ketika diluncurkan pada tahun depan. 

Dilansir dari SamMobile, fitur tersebut akan disematkan pada One UI 3.1 yang didebutkan melalui lini smartphone Samsung Galaxy S21. Versi sebelumnya dari fitur ini memungkinkan pengguna untuk unlock smartphone mereka dengan mengucapkan “Hi Bixby”.

Kemungkinan besar, pada peluncuran S21 tahun depan, unlock ponsel dengan cara serupa akan diterapkan.

Meskipun laman resmi dukungan (support) Samsung saat fitur ini masih ada mengungkapkan jika fitur unlock ponsel menggunakan voice command “Hi Bixby” ini sangatlah aman, banyak pihak yang meragukan keamanan fitur tersebut dikarenakan banyaknya fitur-fitur keamanan biometrik lain yang lebih canggih seperti Face ID dan fingerprint unlock pun masih bisa kebobolan.

Baca Juga: Redmi Umumkan Smartwatch Pertamanya

Kendati demikian, opsi untuk unlock ponsel menggunakan suara ini sebenarnya cukup berguna untuk situasi di mana pengguna tidak bisa membuka kunci ponsel menggunakan jari maupun saat tidak memungkinkan untuk menggunakan fitur face unlock

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *