Pernah membayangkan akan ada orang lain yang ‘mengenakan’ wajahmu di tempat umum?

Sebuah perusahaan Jepang bernama Kamenya Omoto berharap orang-orang bersedia untuk ‘meminjamkan’ wajahnya untuk dicetak menjadi topeng 3D hyper-realistis. Sebagai kompensasinya, perusahaan tersebut membayar penduduk Tokyo sebesar USD 380.

Topeng-topeng yang dicetak kemudian dijual seharga USD 750 per buah. Kamenya Omoto menyebut proyek ini sebagai proyek “That Face”.

Baca juga: 5 Jenis Mikroskop dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Siapa pun yang berusia 20 tahun ke atas dan berbasis di Tokyo bisa mendaftarkan wajahnya untuk dibuat sebagai topeng dan perusahaan menjanjikan sebagian dari keuntungan jika wajah mereka menjadi populer.

Pelanggan yang tertarik sudah bisa memesan topeng realistis dengan wajah pemilik toko dengan harga USD 750, dan perusahaan menyebutkan akan menambahkan lebih banyak opsi wajah nantinya.

“Kami akan memperjualbelikan wajah kalian. Cerita fiksi ilmiah sekarang sudah jadi kenyataan,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah wawancara.

Baca juga: Raspberry Pi Rilis Case Fan untuk Cegah Overheating

Tentu saja hal ini bisa menjadi masalah besar jika ada orang asing yang memakai topeng dengan wajahmu untuk melakukan kejahatan. Pada tahun 2019, BBC melaporkan adanya pencurian yang dilakukan oleh seorang kriminal yang menggunakan topeng realistis dengan wajah menteri Prancis.

Selain masker wajah realistis, Kamenya Omoto juga menjual masker lainnya seperti tokoh-tokoh dari dongeng rakyat, serta setan, hantu, dan hewan untuk grup teater.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *