Setelah sempat jatuh pada saat awal pandemi lalu, dunia smartphone sudah mulai kembali stabil. Gartner, sebuah perusahaan peneliti dan penasihat teknologi memperkirakan bahwa Xiaomi akan berhasil mengambil posisi Apple dalam penjualan ponsel selama kuartal ketiga pada tahun 2020.

Pasalnya, Xiaomi berhasil menjual 44,4 juta perangkat dari 32,9 juta pada tahun sebelumnya. Apple menjual sedikit lebih rendah, yakni 40,6 juta perangkat dan turun dari total penjualannya pada tahun 2019.

Baca juga: Spotify Uji Coba Fitur Story seperti Twitter dan Instagram

Samsung berada di posisi puncak dan berhasil menjual hampir 2 kali lipat dari total penjualan Apple, tepatnya sejumlah 80,8 juta perangkat. Huawei mengalami penurunan, setelah sebelumnya berhasil menjual 65,8 juta perangkat, kini berhasil menjual 51,8 juta. Hal ini sangat mungkin terjadi karena Amerika Serikat melarang bisnis perusahaan tersebut di negaranya.

Foto: Gartner

Secara keseluruhan, jumlah penjualan smartphone kini sudah membaik dibandingkan kuartal pertama dan kuartal kedua tahun ini. Kondisi new-normal di Cina membantu memulihkan produksi dan sudah ada tanda-tanda kembalinya pasar di Asia-Pasifik dan Amerika Latin.

Baca juga: Cara Menggunakan Linked Text Pada Microsoft Word

Lalu, mengapa Xiaomi berhasil menduduki posisi yang cukup tinggi, bahkan mampu menggeser Apple? Sepertinya perusahaan tersebut memanfaatkan penurunan penjualan perangkat Huawei dan Apple tergeser karena menunda peluncuran iPhone 12. Bisa jadi Apple kembali merebut posisinya pada kuartal keempat nanti.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *