Instagram merilis fitur baru bernama Live Rooms. Sebelumnya siaran langsung di Instagram Live hanya bisa dilakukan oleh maksimal dua pengguna secara bersamaan.

Dengan hadirnya fitur Live Rooms, kini pengguna bisa siaran langsung bersama tiga orang lainnya. Jadi, tampilan Instagram Live memiliki empat frame yang akan diisi oleh empat pengguna sekaligus.

Fitur ini sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia, baik berbasis Android maupun iOS. Untuk dapat menggunakan Live Rooms, pengguna wajib melakukan update terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Mengutip keterangan Instagram Selasa (1/12/2020), kehadiran fitur Live Rooms ini terinspirasi dari pandemi Covid-19 di seluruh dunia, di mana para pengguna, kreator, dan pelaku bisnis banyak memanfaatkan fitur Live dengan kreatif.

“Live Rooms akan memungkinkan mereka melakukan Instagram Live bersama beberapa orang sekaligus, sehingga mereka bisa berkreasi lebih kreatif dalam membuat dan menghadirkan konten seru yang positif dan inspiratif melalui format lebih beragam seperti talkshow, podcast, sesi tanya jawab, ataupun berbincang ringan,” kata Instagram dalam keterangannya.

Instagram mengatakan bahwa Live Rooms dibekali dengan fitur keamanan. Dengan adanya fitur keamanan ini, pengguna dapat menyembunyikan komentar negatif saat Live Streaming berlangsung. 

Baca juga: Cara Intip Siapa yang Stalking Profil Instagram Kita

Selain itu, apabila host memblokir pengguna (viewers) tertentu, maka mereka tidak diperbolehkan untuk bergabung kembali dalam sesi Live Streaming.

Pengguna yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas Instagram pun juga tidak diizinkan untuk bergabung dalam Live Rooms.

Cara Menggunakan Live Rooms

Untuk memulai Live

  • Geser halaman utama ke kanan.
  • Pilih opsi live atau siaran langsung.
  • Tekan tombol lingkaran yang tersedia di bagian tengah bawah layar untuk memulai Siaran Langsung.

Ajak teman untuk siaran di Live Rooms

  • Tekan ikon Kamera/Rooms.
  • Pengguna akan melihat daftar teman yang mengirimkan permohonan untuk bergabung di  Live Rooms atau pengguna dapat mengetikkan nama teman yang ingin ditambahkan.
  • Pengguna dapat menambahkan hingga tiga teman untuk bergabung dalam siaran Live Rooms. Penambahkan ketiganya bisa dilakukan secara bersamaan maupun bertahap.

Gimana, mudah kan? Selamat mencoba Tech Experts!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *